Omicron Melesat Bebas, Satgas: Kini Jadi Tren Konfirmasi Positif Covid

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Mulai mengikuti Pendahulunya, Covid-19 Varian Omicron bak melesat perlahan tapi pasti di wilayah Indonesia.

Wiku Adisasmito, Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, mengatakan, Covid-19 menjadi tren kasus konfirmasi positif Covid-19 yang terus mengalami peningkatan.

“Dalam 14 hari terakhir terlihat tren peningkatan kasus Positif. Meskipun peningkatan harian ini cenderung Fluktuatif, namun penambahan kasus harian terakhir telah mencapai angka 404, meningkat cukup Signifikan jika dibandingkan dengan kasus harian 2 minggu sebelumnya, yaitu hanya 136 kasus,” beber Wiku.

Sebenarnya ngka itu tergolong tinggi. Sebab, penambahan kasus positif sebesar 404 terakhir kali terjadi pada bulan November 2021 silam.

“Jika pada minggu lalu jumlah kasus 4.300, per 5 Januari 2022 naik menjadi 4.800,” lanjutnya.

“Meskipun demikian, Tren kenaikannya sudah dapat teramati. Jika pada dua minggu lalu positivity rate harian 0,07%, saat ini meningkat menjadi 0,19%,” imbuhnya.

Peningkatan terlihat juga pada Angka Nasional keterisian tempat tidur (BOR) Isolasi. Hal itu terus terjadi dalam 14 hari terakhir.

“Jika pada 2 minggu lalu 1,38%, saat ini telah meningkat menjadi 3,35%,” tambah Wiku.

“Artinya jika tidak dikendalikan sejak saat ini, jumlah orang Positif yang meningkat ini dapat menulari lebih banyak orang dan berpotensi menimbulkan kenaikan kasus yang lebih tinggi lagi di masyarakat,” tandasnya.

Komentar