Pegang Teguh Nilai-nilai Pancasila, Jokowi: Indonesia Tidak Dapat Didikte Negara Manapun

JurnalPatroliNews – Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Indonesia tidak dapat didikte oleh negara mana pun. Jokowi pun menegaskan sikap Indonesia yang siap berkontribusi bagi dunia.

“Inilah Indonesia, Indonesia adalah Indonesia yang tidak dapat didikte oleh siapapun, yang tidak dapat didikte negara manapun, namun siap selalu siap berkontribusi bagi dunia,” kata Jokowi saat pidato di Monas, Jakarta Pusat, Kamis (1/6/2023).

Pernyataan itu diucapkan Jokowi saat memperingati momen hari lahir Pancasila. Jokowi mengatakan ideologi Pancasila membuat Indonesia dapat diterima dan diakui dunia. Kesuksesan Indonesia dalam gelaran Presidensi G-20 hingga KTT ASEAN menjadi bukti nyata Pancasila relevan bagi dunia.

“Ideologi Pancasila membuat kepemimpinan Indonesia diterima dan diakui dunia. Presidensi G-20 yang telah sukses dilaksanakan, Keketuaan Asean tahun ini merupakan bukti nyata pancasila bukan hanya utama untuk indonesia tetapi juga sangat relevan untuk dunia,” ungkap Jokowi.

Jokowi mengatakan Indonesia harus bisa sejajar dengan negara lain. Dia menyebut Indonesia ingin bekerja sama agar dapat menjadi titik temu perbedaan yang ada di dunia.

“Sebagai negara besar, Indonesia harus duduk sejajar dengan bangsa-bangsa lain. Kita siap bekerja sama, siap memimpin, kita ingin bekerja sama, kita ingin berkolaborasi dengan negara manapun dan menjadi titik temu serta jembatan dari perbedaan-perbedaan yang ada di dunia,” katanya.

Jokowi lalu bicara soal toleransi, persatuan, dan gotong royong ialah kunci untuk membangun bangsa yang kokoh. Untuk itu Jokowi mengajak semua pihak untuk menolak tindakan ekstremisme.

“Oleh karena itu saya mengajak semuanya menolak ekstremisme, menolak politisasi identitas, menolak politisasi agama,” kata Jokowi.

Jokowi pun mengajak semua pihak menyambut pesta demokrasi 2024 dengan memegang teguh nilai-nilai Pancasila.

“Mari kita menyambut pesta demokrasi Pemilu 2024 dengan kedewasaan, dengan sukacita, dengan memegang teguh nilai-nilai Pancasila memperjuangkan Indonesia maju yang adil, yang sejahtera, dan berwibawa di mata dunia. Selamat hari lahir Pancasila. Salam Pancasila, merdeka!” tutur dia.

Komentar