Pergeseran Cuaca, BMKG: El Nino Akan Melanda RI, Ini Dampaknya….?

Menilik Kondisi musim yang diprediksi lebih kering di 2023 ini, BMKG memperingatkan dampak El Nino menakutkan. Misalnya wilayah yang cenderung kering berpotensi mengalami kekeringan pertanian di bagian Indonesia Barat hingga Timur serta ancaman karhutla di Sumatera dan Kalimantan.

“Jadi kalau secara umum kemarau wiayah Indonesia Timur relatif lebih kering, namun nanti dengan tingkat pencegahan dini kita sampaikan daerah-daerah yang selama ini potensi memang mengalami karhutla seperti Kalimantan dan Sumatera seperti Riau dan Jambi. Sumatera sering terjadi hotspot dan karhutla, ini tempat-tempat yang kita waspadai,” jelasnya.

Ada beberapa hal yang harus diantisipasi dari El Nino pada tahun ini. Selainkarhutla, El Nino juga memicu kekeringan. Sehingga penting untuk merencanakan operasional embung dan bendungan yang tepat serta menerapkan kalendar tanam sesuai rekomendasi dari BMKG.

“Termasuk kalau masih ada hujan kita tampung air itu untuk mengisi embung, bendungan-bendungan yang dimanfaatkan saat diperlukan. Bendungan yang sudah mapan operasionalnya sejalan dengan kondisi musim. Pengeluaran sudah diatur sedemikian seperti saat El Nino. Areal pertanian, untuk menyusun kalender tanam. Mengikuti pola perkiraan musim yang dikeluarkan BMKG,” tutup Dodo.

Komentar