Prabowo Terpilih Jadi Presiden RI, Dubes Kanada Buka Suara!

JurnalPatroliNews – Jakarta – Pemerintah Kanada buka suara mengenai kemenangan Prabowo Subianto sebagai Presiden Indonesia. Pernyataan ini disampaikan oleh Duta Besar (Dubes) Kanada untuk Indonesia, Jess Dutton, dalam sebuah konferensi pers di kediamannya di Jakarta pada Rabu (3/4/24).

Dalam pernyataannya, Dutton mengucapkan selamat atas terselenggaranya pemilihan umum Indonesia pada 14 Februari yang lalu. Dia juga menyatakan antusiasme Ottawa untuk bekerja sama dengan presiden baru.

“Saya tahu kita akan melanjutkan hubungan yang sangat kuat,” ujarnya.

Dutton menambahkan bahwa Kanada juga akan mengadakan pemilihan umum tahun depan dan PM Justin Trudeau akan berpartisipasi.

“Namun siapapun yang menang, saya rasa kita akan terus melanjutkan hubungan yang baik karena masyarakat kami sangat mendukung hubungan yang erat dengan wilayah ini, khususnya dengan Indonesia,” katanya.

Pernyataan serupa juga disampaikan oleh Dubes Kanada untuk ASEAN, Vicky Singmin. Dia menyatakan kesiapan Kanada untuk bekerja sama dengan Indonesia di dalam kerangka ASEAN.

“Kami berharap untuk melanjutkan hubungan yang erat tersebut bersama,” imbuhnya.

Sementara itu, Dutton mengungkapkan bahwa Kanada dan Indonesia masih dalam perundingan mengenai perdagangan bebas ICA-CEPA sejak 2021. Dia menambahkan bahwa meskipun ada beberapa perbedaan pendapat, pemimpin di Ottawa dan Jakarta sepakat untuk menyelesaikan perundingan tersebut pada akhir tahun ini.

“Saya rasa hal tersebut adalah prioritas utama dan hal ini tentunya dapat menjadi berarti bagi warga Kanada dan Indonesia,” tukasnya.

Komentar