Setelah Istikharah, Akhirnya  Iwan Bule Batal Maju Lagi di Bursa Calon Ketua Umum PSSI 2023-2027, Tapi…

JurnalPatroliNews – Jakarta – Ketua Umum PSSI saat ini, Mochamad Iriawan, sempat berencana maju kembali untuk masa jabatan 2023-2027. Namun, mantan Kapolda Metro Jaya yang akrab disapa Iwan Bule ini akhirnya memutuskan untuk tidak jadi mencalonkan diri.

Iwan Bule menyampaikan keputusannya itu saat Kongres Biasa PSSI di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu, 15 Januari 2023. Salah satu alasan yang dikemukakan adalah dia sudah merasa cukup mengabdi di sepak bola Indonesia.

“Dalam forum terhormat ini, ingin saya sampaikan bahwa setelah melakukan sholat istikharah, saya merasa pengabdian saya di PSSI sudah cukup maksimal. Tenaga, pikiran, waktu, bahkan materi, sudah saya dedikasikan untuk PSSI,” kata Iriawan saat memberikan keterangan pers usai Kongres Biasa.

“Saya memutuskan bahwa saya tidak akan maju lagi dalam pencalonan sebagai ketua umum dalam Kongres Luar Biasa (KLB) mendatang,” ujarnya.

Sebelumnya, Iwan Bule berencana menyerahkan formulir pendaftaran calon ketua umum PSSI periode 2023-2027 pada Jumat lalu. Namun, ternyata rencana itu batal.

Purnawirawan perwira tinggi Polri itu menyatakan ia tetap akan mengawal proses KLB PSSI agar berjalan dengan aman dan nyaman. Kongres Luar Biasa untuk pemilihan ketua umum, wakil ketua umum, dan komite eksekutif PSSI itu dijadwalkan berlangsung pada 16 Februari mendatang.

“Saya tetap bekerja dan mengawal proses KLB. Dalam satu bulan ke depan jelang KLB, saya juga berharap PSSI dan voter (pemilik suara) tetap kondusif menjaga persaudaraan sebagai keluarga sepak bola,” kata dia.

Mochamad Iriawan terpilih sebagai Ketua Umum PSSI pada 2019, menggantikan Edy Rahmayadi (2015-2019). Ketika itu dia meraih 82 suara dari total 85 voter.

La Nyalla Mattalitti dan Erick Thohir calon ketua umum PSSI

Sementara ini, dua kandidat yang telah mendaftar maju dalam bursa calon ketua umum PSSI adalah Ketua DPD RI La Nyala Mattalitti dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Selain itu, mantan sekretaris jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria maju sebagai calon wakil ketua umum PSSI periode 2023-2027. Dia menyerahkan formulir pendaftaran ke kantor federasi sepak bola Indonesia di GBK Arena, Jakarta, pada Minggu, 15 Januari 2023.

Ratu Tisha menyerahkan formulir pendaftaran pada hari yang sama dengan Erick Thohir. Sedangkan, La Nyalla lebih dulu mendaftar pada Jumat lalu.

KLB PSSI maju dari rencana

KLB PSSI akan digelar pada 16 Februari 2023. Jadwal ini maju sebulan dari rencana PSSI pada 18 Maret karena permintaan FIFA.

Sebelum KLB PSSI, PSSI menggelar Kongres Biasa di Hotel Sultan, Jakarta, pada Minggu, 15 Januari 2023. Salah satu agendanya adalah pembentukan Komisi Pemilihan (KP) dan Komite Banding Pemilihan (KBP) sebagai persiapan awal KLB PSSI.

Komentar