Tahap II, Jokowi Kembali, Lepas Bantuan Kemanusiaan RI untuk Gaza

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melepas bantuan kemanusiaan untuk Palestina tahap kedua di Pangkalan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (20/11/2023). Sebelumnya, bantuan tahap pertama dilepas Jokowi pada 4 November 2023.

Alhamdulillah kembali lagi pada pagi hari ini kita akan mengirimkan bantuan kepada saudara-saudara kita di Gaza,” ujarnya.

Menurut kepala negara, ada dua pesawat yang mengangkut bantuan seberat 21 ton berupa obat-obatan, perlengkapan rumah sakit, makanan, dan barang keperluan lainnya sesuai kebutuhan masyarakat di Gaza.

Bantuan bersumber dari anggaran pemerintah sebesar Rp 31,9 miliar dan juga berasal dari perusahaan dan masyarakat antara lain dari PT Paragon Teknologi dan Inovasi, Indonesia Humanitarian Alliance, hingga Badan Amil Zakat Nasional.

“Sama seperti bantuan yang pertama, pesawat nanti akan menuju ke Mesir kemudian selanjutnya akan disalurkan ke Gaza,” kata Jokowi.

Lebih lanjut, mantan gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, selain bantuan kemanusiaan, Indonesia juga akan terus memberikan dukungan politik bagi Palestina.

Sebagai salah satu utusan khusus OKI, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi juga sedang berada di beberapa negara untuk menggalang dukungan agar kekejaman di Gaza segera dihentikan, dilakukan sesegera mungkin gencatan senjata dan bantuan kemanusiaan bisa masuk dengan baik untuk membantu saudara-saudara kita di Gaza.



“Sekali lagi saya tegaskan, Indonesia akan terus bersama mendukung perjuangan bangsa Palestina,” ujar Jokowi.


Komentar