Tak Luput Serangan Corona, Saatnya UMKM Manfaatkan Platform Digitalisasi

JurnalPatroliNews-Jakarta,– Dampak pandemi COVID-19 di Indonesia tak hanya menyerang sektor kesehatan. Ekonomi termasuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pun tak luput dari ‘serangan’ virus Corona ini. Padahal UMKM merupakan salah satu penopang ekonomi terbesar di Indonesia. Seorang peneliti in Mind Institute mengungkapkan, UMKM mampu menyerap 96% tenaga kerja di Indonesia. Dengan serapan tenaga kerja sebesar itu maka bila sektor UMKM terganggu akan berdampak pada masyarakat yang banyak kehilangan pekerjaan.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, sebanyak 98% usaha pada level mikro atau sekitar 63 juta terkena dampak pandemi COVID-19. Jumlah ini terus meningkat seiring waktu pembatasan interaksi masyarakat.

Bahkan menurut catatan Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) hampir separuh UMKM di Indonesia akan bangkrut pada Desember 2020. Agar hal tersebut tak terjadi, UMKM perlu berbenah dan mencari jalan untuk tetap bisa bertahan di tengah gempuran pandemi ini.

Pemerintah pun tengah berusaha membantu keberlangsungan UMKM melalui beberapa skema ini. Ada bantuan langsung tunai (BLT), Kartu Prakerja untuk UMKM yang masuk kategori miskin dan rentan.

Ada pula pemberian insentif perpajakan untuk UMKM yang omzetnya di bawah Rp 4,8 miliar per tahun serta pemberian relaksasi dan restrukturisasi kredit UMKM dengan berbagai program.

Selain bantuan dari pemerintah, salah satu kunci untuk pertahankan usaha di tengah situasi seperti ini adalah dengan memanfaatkan platform digital. Mengingat di tengah masa pandemi ini, saat semua orang di rumah saja, hampir seluruh aktivitas dilakukan secara digital.

Mengintegrasikan UMKM dengan ekosistem digital memang tak semudah menjentikkan jari. Saat ini UMKM yang sudah terhubung dengan ekosistem digital baru 13% atau sekitar 8 jutaan saja. Inilah saatnya 87% UMKM di Indonesia mulai go digital agar bisa bertahan.

Namun perlu diwaspadai ada banyak kejahatan yang berada di dunia digital seperti peretasan atau hacking hingga penyalahgunaan data pribadi. Banyaknya cyber crime yang ada di dunia maya ini membuat para pelaku UMKM yang ingin go digital harus ekstra waspada.

Apalagi di tengah pandemi seperti saat ini, di saat banyak orang yang work from home (WFH) ada banyak sekali kasus peretasan yang bermunculan. Pakar cyber security  seperti yang berasal dari Cyber security dan Infrastructure Security Agency (CISA) di Amerika Serikat melihat peningkatan dalam kasus peretas yang memangsa pekerja jarak jauh.

Untuk mencegah kejahatan tersebut, Anda bisa gunakan produk jaringan dan komunikasi teknologi yang aman dari Cisco System (Cisco). Cisco menjual jaringan dan komunikasi teknologi, peralatan dan pelayanan transportasi untuk transportasi data, suara dan video ke seluruh dunia.

Adapun beberapa produknya, antara lain router, switch, network access, IP telephony, keamanan, jaringan fiber optik, jaringan data center, jaringan via sinyal, jaringan untuk rumah, dukungan layanan teknis, dan pelayanan jaringan.

Keamanan adalah hal utama bagi produk-produk Cisco. Oleh karena itu, Cisco ingin membantu para UMKM di Indonesia mendapatkan teknologi untuk meningkatkan keamanan bisnis mereka.

Cisco juga menyediakan lisensi gratis yang bisa diperpanjang untuk empat teknologi keamanan utama yang dirancang untuk melindungi pekerja jarak jauh. Keempat teknologi keamanan utama tersebut antara lain sebagai berikut.

Cisco Umbrella yang mampu melindungi pengguna dari tujuan Internet berbahaya baik mereka ada di dalam atau di luar jaringan.

Duo Security yang akan memverifikasi identitas pengguna dan membangun kepercayaan perangkat sebelum memberikan akses ke aplikasi.

Cisco Any Connect Secure Mobility Klien yang memberdayakan karyawan untuk bekerja dari mana saja dengan laptop perusahaan atau perangkat seluler pribadi.

Cisco Advanced Malware Protection (AMP) sebagai end point untuk mencegah pelanggaran dan memblokir malware di titik masuk.

Teknologi dari Cisco yang telah dipaparkan di atas bisa menjadi solusi bagi Anda para pengusaha UMKM yang ingin merintis usaha ke ranah digital tapi masih takut untuk memulai karena keamanan dunia cyber.

Cisco juga tak hanya melindungi situs web Anda dari para hacker, tapi juga mampu melindungi data perusahaan serta data pribadi pelanggan Anda. Dengan keamanan tingkat tinggi ini bisa meningkatkan kepercayaan customer dalam bertransaksi di situs web yang Anda miliki.

Selain keamanan, kunci membangun sebuah usaha ke ranah digital yaitu koordinasi antar sesama rekan kerja. Kebutuhan ini pun tak luput dari perhatian Cisco. Melalui produk kolaborasi Cisco Webex, pengguna bisa melakukan video call dan tetap terhubung dengan rekan kerja untuk berkoordinasi membangun usaha di mana saja dan kapan saja.

Jadi nggak ada alasan lagi sulit bekerja dari rumah. Melalui Cisco Webex Anda bisa tetap terhubung dengan rekan kerja sebaik saat Anda bekerja dari kantor. Anda bisa melakukan meeting, konferensi bisnis, presentasi, dari rumah dengan perangkat apapun yang Anda miliki.

Cisco Webex memiliki kamera 4K dengan lingkup pandang 120 derajat serta built in mic speaker yang bisa membuat video confference Anda makin berkualitas, jernih, tanpa gangguan baik gambar maupun suaranya.

Ada banyak pilihan Cisco Webex yang bisa Anda gunakan. Webex Room USB, misalnya, sangat fleksibel digunakan untuk mengadakan sebuah video confference  dengan adanya koneksi USB langsung ke laptop atau perangkat Anda. Sedangkan Webex DX60 dengan HD Camera, built in mic speaker, serta layar sentuh akan sangat memudahkan Anda melakukan confference bussines class di rumah saja.

Cisco Webex juga sangat mudah digunakan atau dioperasikan dengan tampilan yang simpel serta kualitas video yang jernih. Selain itu, Anda juga tak perlu khawatir soal keamanannya karena Cisco Webex memproteksi segala data pribadi, akun, hingga percakapan dalam video confference  yang Anda lakukan. Dengan begitu, kerja WFH di mana pun Anda berada jadi makin mudah, kan?

Solusi soal keamanan serta kemudahan dalam terhubung dengan rekan kerja telah diberikan Cisco. Namun ada satu hal lagi yang tak kalah penting dalam mendukung para UMKM bekerja secara mobile yaitu networking atau jaringan internet yang lancar.

Jika bekerja di kantor, Anda mungkin akan mendapatkan fasilitas internet cepat, perangkat dan kemudahan berkomunikasi dengan partner kerja. Namun di masa pandemi, saat pembatasan interaksi harus dilakukan memaksa wirausahawan bekerja dari rumah.

Namun Anda tak perlu khawatir, karena Cisco juga menawarkan produk-produk terbaiknya dari mulai wireless internet, router WiFi, hingga jaringan fiber optik. Dengan produk-produk yang mendukung kelancaran jaringan internet ini maka produktivitas dari usaha Anda akan makin berjalan lancar. Baik dari segi komunikasi sesama rekan kerja maupun dengan customer.

Teknologi tak melulu rumit, Cisco membuatnya menjadi sederhana dan mudah dimengerti. Dengan teknologi jaringan internet yang lancar dan aman pula lah Anda bisa memajukan bisnis yang telah Anda rintis agar bisa bertahan di kondisi apapun termasuk saat pandemi seperti saat ini.

Cisco nyatanya memberikan solusi bagi para pelaku UMKM yang ingin mengembangkan bisnis ke ranah digital di era pandemi seperti saat ini. Bagi Anda yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut tetang produk Cisco sebagai solusi bagi usaha anda. (lk/*)

Komentar