EkonomiHeadline

Tetap Akan Dilanjutkan! Sri Mulyani: Dana IKN Gak Bisa Ditunda! Ini Alasannya

Beno
×

Tetap Akan Dilanjutkan! Sri Mulyani: Dana IKN Gak Bisa Ditunda! Ini Alasannya

Sebarkan artikel ini

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) meminta agar pencairan anggaran untuk pembangunan IKN pada 2024 ditunda. Namun, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut, program pembangunan IKN tetap akan terus dilanjutkan pada tahun depan karena sudah menjadi bagian dari program prioritas.

Menurutnya, program pembangunan IKN tersebut seiring juga masuk ke dalam rencana pembangunan proyek strategis nasional lainnya (PSN).

JPN - advertising column


Example 300x600
JPN - advertising column

“Program prioritas juga difokuskan untuk mempercepat transformasi ekonomi, melalui […] percepatan pembangunan infrastruktur, termasuk keberlanjutan Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Proyek Strategis Nasional (PSN),” kata Sri Mulyani saat rapat paripurna di DPR, Jakarta, Selasa (30/5/2023).

Bahkan, Sri Mulyani juga memastikan, untuk meningkatkan kualitas belanja pada 2024, Pemerintah akan konsisten melanjutkan penguatan prinsip spending better melalui efisiensi belanja kebutuhan dasar serta program-program untuk mendukung program prioritas.

Belanja ini diantaranya dengan fokus peningkatan kualitas dan akses pendidikan seperti PIP, KIP kuliah, BOS, pemberian beasiswa LPDP, link and match, hingga penguatan kualitas dan akses kesehatan sepeeri efektivitas JKN, kemandirian farmasi, sistem kesehatan yang handal.

Selain itu juga diarahkan untuk mendorong hilirisasi SDA, serta mendorong efektivitas program perlindungan sosial dan subsidi agar tepat sasaran dan memberi manfaat yang nyata bagi masyarakat.

“Pada sisi lain, Pemerintah juga mendukung agar pelaksanaan Pemilu dan Pilkada 2024 dapat berjalan dengan lancar dan kondusif,” ungkap Sri Mulyani.

Penulis: lk/*Editor: Beno