Tiga Pekan Banjir Sintang Belum Surut, Ini Penjelasan Gubernur Kalbar

JurnalPatroliNews – Kalbar, – Sudah tiga pekan ini banjir belum lagi surut di Sintang, Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Sutarmidji menyebut kondisi Daerah Aliran Sungai (DAS) Kapuas yang melintang di Kalbar telah rusak sampai 70 persen sehingga ini menjadi salah satu penyebabnya. Kerusakan itu menurutnya, membuat sungai semakin dangkal. Apabila debit air meningkat karena intensitas hujan tinggi, maka air sungai meluap dan menyebabkan banjir.

Sutarmidji menyebutkan kondisi sungai Kapuas beberapa tahun lalu saat sedang surut memiliki kedalaman 6-7 meter di muaranya. Namun saat ini, ketika air surut kedalaman muara sungai Kapuas hanya 4-5 meter saja. kerusakan DAS Kapuas itu juga diduga disebabkan aktivitas pertambangan dan pembukaan lahan kelapa sawit yang memunculkan Deforestasi.

Ia lantas membandingkan penyebab banjir pada 1963 yang dipicu oleh perubahan iklim bukan deforestasi. Menurutnya, ada perbedaan antara penyebab banjir saat ini dengan tahun tersebut. Sebab, saat itu DAS dan serapan air masih terbilang bagus.

Komentar