Untuk Dua Tahun Ke Depan, ECB Bakal Kerek Suku Bunga 2%, Inflasi Jauh Dari Kata Akhir

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Otoritas Bank Sentral Eropa berencana menaikkan suku bunga acuan 2% untuk dua tahun ke depan. Rencana ini muncul setelah adanya peningkatan risiko ekonomi. Ini adalah aksi dalam memerangi rekor inflasi yang mencapai 9,1% meskipun kemungkinan resesi.

ECB menaikkan suku bunga deposito dari nol menjadi 0,75% pada hari Kamis dan Presiden Christine Lagarde mengarahkan untuk dua atau tiga kenaikan lagi, mengatakan suku bunga masih jauh dari tingkat yang akan membawa inflasi kembali ke 2%.

Seorang narasumber mengatakan kepada Reuters, mengatakan ini kemungkinan besar akan terjadi jika proyeksi inflasi ECB hingga 2025 masih di atas 2%. ECB saat ini melihat inflasi mencapai 2,3% pada 2024.

Gubernur bank sentral Belanda Klaas Knot dan Pierre Wunsch dari Belgia adalah yang pertama berbicara secara terbuka tentang pengetatan kebijakan.

Sumber mengatakan kepada Reuters juga mengatakan para pembuat kebijakan bersiap untuk resesi musim dingin ini dan pertumbuhan ekonomi yang lebih lemah tahun depan dari proyeksi resmi ECB sebesar 0,9%.

Pada pertemuan Kamis, para pembuat kebijakan juga memulai diskusi tentang puluhan miliar euro yang harus dibayarkan ECB kepada bank atas kelebihan cadangan mereka sekarang karena suku bunga deposito kembali positif, kata sumber tersebut.

Pembuat kebijakan menilai bahwa proposal saat ini, termasuk satu untuk “sistem tier terbalik” yang membatasi remunerasi pada beberapa cadangan, membutuhkan lebih banyak pekerjaan, kata sumber tersebut. Satu menambahkan keputusan mungkin masih datang sebelum pertemuan kebijakan ECB berikutnya pada 27 Oktober.

Komentar