Viral Soal Matahari Akan Terbit Dari Barat, Mungkinkah Pertanda Kiamat, Ini Penjelasan NASA

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Belakangan ramai pemberitaan bahwa semesta mulai bergerak aneh dan Matahari akan terbit dari barat sebagai pertanda datangnya kiamat. National Aeronautics and Space Administration ( NASA ) pun akhirnya buka suara.

NASA dengan tegas membantah kebenarannya. Bettina Inclan selaku Associate Administrator for Communications NASA mengatakan bahwa pihaknya serta peneliti lain hingga saat ini belum dapat memprediksinya.

“Baik NASA maupun organisasi ilmiah lain tidak ada yang memprediksi Matahari akan terbit dari barat,” kata Bettina seperti dikutip dari AFP Fact Check, Sabtu (7/5/2022).

Namun demikian, Bettina tak menyangkal bahwa pembalikan kutub magnet adalah fenomena nyata yang telah terjadi berkali-kali di masa lalu, dan para ilmuwan di seluruh dunia hingga saat ini masih terus mempelajarinya.

Tetapi menurutnya, pernyataan bahwa pembalikan kutub magnet ini dapat menyebabkan Bumi berputar ke arah yang berlawanan sehingga menyebabkan Matahari terbit di barat adalah salah besar.

“Terlalu sering menjadi sasaran berita palsu dan klaim sains. Hoax terbaru ini mirip dengan ramalan kiamat lainnya yang datang dan pergi,” katanya.

Komentar