BBM Solar, ALFI/ILFA Sulut Urung Gelar Aksi Mogok Usai “Dipanggil” Polda

JurnalPatroliNews – Manado – Rencana aksi mogok serentak Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia/ Indonesia Logistics Forwader Association (ALFI/ILFA) Sulawesi Utara (Sulut) urung digelar.

Penundaan aksi mogok akibat sulitnya mendapatkan BBM jenis solar dilakukan setelah sejumlah pengurus ALFI/ILFA “dipanggil” mendadak oleh Polda Sulut.

Pertemuan mendadak itu tak ditampik Sekretaris DPW ALFI/ILFA Sulut, Ramlan Ifran. Ramlan mengatakan, usai pihaknya melakukan pertemuan di Polda, dilanjutkan dengan rapat koordinasi dengan Kapolres Bitung, AKBP Tommy Bambang Souissa SIK, Sabtu (23/12/2023).

“Sebelumnya kami menggelar rapat dengan Pak Kapolda membahas keluhan terkait dengan kelangkaan BBM jenis solar,” kata Ramlan.

Baik pertemuan di Polda dan Polres Bitung, Ramlan menyatakan tuntutan pengusaha transportasi logistik yang bernaung di bawah DPW ALFI/ILFA Sulut direspon positif.

Bahkan kata dia, ada beberapa poin disepakati dalam rapat, diantaranya pihak kepolisian akan menindak tegas pelanggaran-pelanggaran pendistribusian BBM bersubsidi khususnya di Kota Bitung dan Sulut.

“Juga, terkait dengan pemberlakuan jam operasi yang diinisiasi oleh Dinas Perhubungan,” katanya.

Ketua Komisi III DPRD Kota Bitung ini, juga menyampaikan jika pertemuan di Polda dan Polres cukup alot karena aparat kepolisian serta ALFI/ILFA sama-sama menginginkan pendistribusian solar bersubsidi lancar dan tepat sasaran.

Apalagi, pihak kepolisian dan ALFI/ILFA mencocokkan data hingga ditemukan titik terang apa yang menjadi penyebab hingga sulitnya mendapatkan BBM jenis solar.

“Pihak kepolisian bakal menindaklanjuti penyebab terjadinya kelangkaan dan kami percayakan sepenuhnya,” katanya.

Ramlan berharap, hasil pertemuan ditindaklanjuti dan pihaknya berjanji tidak akan menggelar aksi mogok asalkan ada perubahan dalam penyaluran BBM jenis solar.

“Aksi mogok kami tunda sambil melihat realisasi tuntutan yang kami sampaikan,” katanya.

Sementara itu, Kapolres Bitung menjelaskan, rapat dengan pengurus ALFI/ILFA membahas tentang pengawasan di SPBU terkait pendistribusian BBM subsidi jenis solar untuk pelayanan kepada masyarakat.

“Rencana aksi itu kan semacam penyampaian pendapat. Selama ini kita melakukan pembatasan-pembatasan untuk kelancaran kepentingan masyarakat juga terutama arus lalulintas. Di satu sisa juga logistik harus disalurkan dengan baik. Dan tadi sudah dikomunikasikan,” kata Tommy.

Komentar