Sistem Peradilan Pidana Maritim Berbasis Intelijen

Rekomendasi untuk Komunitas Internasional

Dengan mengingat semua ini, saya ingin membagikan tiga rekomendasi yang saya sampaikan kepada Konferensi Kelautan PBB tentang bagaimana kita, sebagai komunitas internasional, dapat secara efektif mengintegrasikan pendekatan peradilan pidana ini untuk menangani perdagangan spesies laut:

  1. Mengadopsi pendekatan yang berbasis intelijen: Badan penegak hukum memiliki sumber daya yang terbatas. Pengumpulan dan analisis intelijen diperlukan untuk memaksimalkan sumber daya yang terbatas ini. Ini bertindak sebagai pengganda kekuatan, secara strategis mengidentifikasi ancaman kriminal terbesar dan memungkinkan penyelidikan untuk memfokuskan upaya mereka di mana mereka dapat memiliki dampak terbesar.
  2. Fokus pada aktor yang paling bertanggung jawab: Untuk memiliki dampak yang signifikan dan bertahan lama pada jaringan yang mendorong kejahatan ini, penting untuk fokus pada aktor tingkat tinggi. Orang-orang ini seringkali menemukan diri mereka sangat jauh dari tempat kejahatan itu sebenarnya terjadi, yaitu di laut. Investigasi yang dipimpin intelijen memungkinkan untuk mendeteksi para pemain kunci ini.
  3. Mengatasi konvergensi kejahatan: Banyak alat yang relevan untuk menangani perdagangan spesies laut sudah tersedia: investigasi keuangan dan korupsi paralel, penggunaan teknik investigasi khusus, dan penggunaan analisis intelijen yang lebih besar. Namun, instansi terkait kekurangan sumber daya, keahlian dan kapasitas yang dibutuhkan. Sering terjadi konvergensi dengan perdagangan manusia, perdagangan narkoba, korupsi, penipuan, dan pencucian uang, serta bentuk-bentuk kejahatan lingkungan lainnya. Dengan menekankan konvergensi kejahatan perikanan dengan bentuk-bentuk kejahatan terorganisir yang serius, kita dapat meningkatkan prioritas politiknya.

Melindungi lautan kita adalah masalah peradilan pidana dan juga konservasi. pola pikir dan sudut pandang tersebut diperlukan untuk membuka kunci yang tepat untuk mengekang penangkapan ikan ilegal. Seluruh dunia harus kompak dalam perang melawan kejahatan terhadap satwa liar dan dukungan terhadap pekerjaan Komisi Keadilan Satwa Liar. (*)

Komentar