100 Jihadis Tewas Dalam Serangan Prancis-Mali

Jurnalpatolinews – Bamako : Seratus jihadis tewas bulan ini dalam serangan gabungan Prancis-Mali di pusat tanpa hukum negara Afrika Barat itu , kata tentara Mali, Selasa.

“Seratus teroris dinetralkan, sekitar 20 orang ditangkap, dan beberapa sepeda motor dan perlengkapan perang disita” selama operasi dengan pasukan Barkhane Prancis, yang bertujuan untuk membasmi para jihadis di wilayah Sahel, kata tentara Mali di situsnya.

Mali telah berjuang melawan pemberontakan jihadis yang meletus di bagian utara negara itu pada tahun 2012 sebelum menyebar ke pusat dan kemudian ke Burkina Faso dan Niger, yang sering kali mengobarkan persaingan etnis.

Prancis, mantan penguasa kolonial Mali, pertama kali melakukan intervensi di negara itu pada 2013 untuk membantu mengusir pasukan jihadis yang maju ke Bamako.

Sekarang memiliki 5.100 tentara yang dikerahkan di seluruh wilayah Sahel Afrika yang gersang, sebagai bagian dari operasi Barkhane-nya.

Awal bulan ini militer Prancis mengatakan telah membunuh 15 jihadis di dekat perbatasan Mali dengan Burkina Faso, tempat kelompok yang terkait dengan al-Qaeda aktif.

Komentar