8 Mei 2023 Bakal Ditetapkan Libur Nasional, Hari Pelantikan Raja Charles III Inggris

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Inggris bakal menetapkan 8 Mei 2023 sebagai hari libur nasional menyusul pelantikan Raja Charles III yang bakal diselenggarakan pada 6 Mei 2023 mendatang. Libur nasional itu ditetapkan dua hari setelah upacara pelantikan Raja Charles di Westminster Abbey.

Diberitakan AFP, Downing Street mengatakan seperti penobatan Ratu Elizabeth II pada 1953 silam, acara kerajaan tersebut bakal jadi kesempatan bagi keluarga dan komunitas di seluruh negeri untuk “berkumpul dan merayakan”.

Perdana Menteri Rishi Sunak mengatakan penobatan itu bakal menjadi “momen unik” bagi Inggris.

“Sebagai pengakuan atas peristiwa bersejarah ini, saya dengan senang hati mengumumkan hari libur nasional untuk seluruh Inggris pada tahun depan,” ujar Rishi Sunak dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip AFP, Minggu (6/11).

Raja Charles III secara resmi akan dinobatkan di Westminster Abbey London dengan mengikuti tradisi turun temurun yang telah dilakukan sejak lebih dari 900 tahun.

Di samping itu, Permaisuri Camilla juga akan dimahkotai di hari yang sama dengan pelantikan Raja Charles III.

Penobatan secara tradisi ini berlangsung beberapa bulan setelah Charles naik takhta, usai masa berkabung nasional sepeninggal Ratu Elizabeth II.

Istana Buckingham mengatakan penobatan itu bakal mencerminkan tradisi sejarah monarki sekaligus peran modernnya.

Charles diketahui langsung menjadi raja setelah Ratu Elizabeth meninggal dunia pada 8 September lalu.

Ia juga mengambil alih tugas sebagai kepala negara dari 14 negara Persemakmuran, termasuk Australia, Kanada, dan Selandia Baru.

Komentar