Angkatan Darat AS Sedang Membangun Senjata Laser ‘Paling Kuat’ di Dunia, Mampu Membuat Drone Menjadi “Uap”

  • Whatsapp
Foto : Defense Blog

Jurnalpatrolinews – Washington : Tampaknya Angkatan Darat AS sedang mengembangkan dan membangun senjata laser yang mampu menguapkan targetnya dan mengganggu sinyal teknologi musuh berkat pulsa dan sinyal. Ini mungkin laser paling kuat di dunia hingga saat ini. 

Laser Denyut Ultrashort Taktis untuk Platform Angkatan Darat , demikian sistem laser akan disebut, akan menjadi jutaan kali lebih kuat daripada platform laser lainnya sebelumnya, lapor New Scientist , yang pertama mempublikasikan berita tersebut.

Bacaan Lainnya

The  Taktis ultrashort Pulsed Laser ( UPSL) platform akan berbeda dari sistem laser saat ini, karena akan memancarkan pulsa pendek yang mengandalkan energi yang rendah. Sebaliknya, laser saat ini biasanya memancarkan sinar terus menerus.

Sistem baru sedang dirancang untuk mencapai terawatt dalam waktu singkat 200 femtoseconds – atau satu kuadriliun detik. Pada saat itu, UPSL akan mampu menguapkan drone. Selain itu, harapannya juga dapat mengganggu sistem elektronik di sekitarnya, mengubahnya juga menjadi pulsa elektromagnetik fungsional (EMP). 

Sejauh laporan menyatakan, AS bertujuan untuk menguji prototipe pada tahun 2022.

Jenis senjata laser seperti itu sangat berguna saat melawan drone atau rudal kecil yang bergerak cepat, jelas New Scientist. Dan ketika menggunakannya untuk melawan musuh manusia, mereka dapat menyebabkan sejumlah reaksi, dari iritasi kulit hingga kebutaan. 

Harapannya adalah untuk mengembangkan UPSL yang cukup besar, memiliki daya yang cukup, dan kekasaran untuk digunakan pada platform Angkatan Darat, uraian singkat yang menguraikan sistem laser masa depan.

Selain itu, jenis laser ini akan dapat menguapkan selubung luar drone, daripada melelehkannya seperti yang dilakukan sistem laser saat ini. 

Ini bukan pertama kalinya sistem laser disebutkan atau bahkan digunakan di militer. Dan jelas untuk melihat bahwa senjata jenis ini mengumpulkan lebih banyak perhatian dan fokus seiring berjalannya waktu.  (***/. dd – intrsting,engineering)

Pos terkait