Arab Saudi Meminta Komunitas Internasional Untuk Menanggapi “Ancaman” Iran

Jurnalpatrolinews – Riyadh : Arab Saudi telah meminta komunitas internasional untuk mengambil tindakan, mengutip ancaman Iran terhadap perdamaian dan keamanan.

“Menyerang fasilitas minyak Saudi adalah serangan terhadap ekonomi global,” kata kabinet Saudi pada pertemuan hari Selasa, yang dipimpin oleh Raja Salman.

Serangan oleh kelompok militan terhadap Arab Saudi telah meningkat dalam beberapa pekan terakhir. Serangan yang dikaitkan dengan kelompok proxy yang didukung oleh Republik Islam Iran.

esan delegasi Saudi kepada Dewan Keamanan PBB juga ditekankan pada pertemuan tersebut. Pesan itu meminta komunitas internasional untuk bertanggung jawab atas permusuhan militer Houthi, kelompok militan yang didukung Iran terhadap warga sipil, dan sasaran sipil di Arab Saudi.

Dewan Menteri juga mengacu pada pertemuan triwulanan para menteri Arab yang diadakan di Kairo minggu lalu. Dalam pertemuan ini, krisis campur tangan Iran dan Teheran dalam urusan internal negara-negara Arab diperiksa.

Kabinet Saudi sekali lagi mengutuk keterlibatan Teheran yang berkelanjutan di wilayah tersebut dan pernyataan provokatif yang dibuat oleh pejabat Republik Islam tentang negara-negara Arab. Riyadh mengimbau masyarakat internasional untuk memenuhi tanggung jawabnya dalam hal ini dan menanggapi ancaman Irene terhadap perdamaian dan keamanan internasional.

Arab Saudi telah berulang kali menuduh Iran mendukung serangan militan dan berusaha mencampuri urusan negara-negara Arab.

Pejabat Teheran membantah tuduhan tersebut dan telah menolak laporan PBB yang mengkonfirmasi asal Iran dari senjata yang digunakan dalam serangan ke Arab Saudi.

(***/. dd – indpndtprsn)

Komentar