Artemis I Jadi Misi Pertama SLS, NASA Siapkan Peluncuran Roket ke Bulan, Ini Tujuannya…!

JurnalPatroliNews – Jakarta – NASA menyatakan uji misi Bulan Artemis I berhasil dan badan antariksa akan mulai bersiap untuk peluncuran roket.

Misi tersebut akan menggunakan roket Space Launch System (SLS) dengan kapsul Orion. Serangkaian tes pada Senin (20/6/2022) mengharuskan roket melakukan isi ulang bahan bakar dan simulasi hitung mundur selama sekitar 50 jam.

“NASA telah meninjau data dari latihan dan menentukan pengujian selesai. SLS dan Orion akan ditempatkan kembali ke Vehicle Assembly Building (VAB) di Kennedy minggu depan untuk mempersiapkan roket dan pesawat ruang angkasa di jalur peluncuran,” tulis pejabat NASA dalam pembaruan, seperti dikutip Space.com pada Jumat (24/6/2022).

Peluncuran dijadwalkan pada akhir Agustus 2022. Penetapan tanggal spesifik baru akan diumumkan setelah NASA mengganti perangkat keras roket yang sempat bocor pada saat pengujian.

Artemis I akan menjadi misi pertama untuk SLS dan program Artemis NASA yang bertujuan untuk mengembalikan manusia ke permukaan Bulan jangka panjang.

Artemis I akan mengirim Orion tanpa awak dalam perjalanan mengelilingi Bulan sekitar 30 hari. Badan antariksa akan meluncurkan misi Artemis II yang mencakup pengiriman astronaut ke Bulan sekitar dua tahun kemudian.

Komentar