Azerbaijan Hancurkan Pesawat Serang Su-25 Angkatan Udara Armenia

Jurnalpatrolinews – Baku : Ketika dilakukan upaya serangan udara terhadap posisi tentara Azerbaijan ke arah wilayah Jabrayil, pada pukul 11:11 tanggal 17 Oktober, satu pesawat serang Su-25 milik Angkatan Udara Armenia dihancurkan oleh serangan tepat dari unit pertahanan udara Angkatan Bersenjata Azerbaijan,  ungkap Kementerian Pertahanan.

Angkatan Bersenjata Armenia melancarkan serangan militer skala besar terhadap posisi tentara Azerbaijan di garis depan, menggunakan senjata kaliber besar, mortir, dan artileri pada 27 September.

Azerbaijan menanggapi dengan serangan balik di sepanjang garis depan. Sebagai hasil dari pembalasan, pasukan Azerbaijan membebaskan sejumlah wilayah yang sebelumnya diduduki oleh Armenia, serta mengambil kendali strategis yang penting.

Konflik antara kedua negara Kaukasus Selatan dimulai pada 1988 ketika Armenia membuat klaim teritorial terhadap Azerbaijan. Sebagai hasil dari perang berikutnya, Angkatan Bersenjata Armenia menduduki 20 persen Azerbaijan, termasuk wilayah Nagorno-Karabakh dan tujuh distrik sekitarnya.

Kesepakatan gencatan senjata tahun 1994 diikuti dengan negosiasi damai. Armenia belum mengimplementasikan empat resolusi Dewan Keamanan PBB tentang penarikan angkatan bersenjatanya dari Nagorno Karabakh dan distrik sekitarnya.

Komentar