Azerbaijan Membebaskan 23 Desa Dari Pendudukan Armenia

  • Whatsapp

Jurnalpatrolinews – Baku : Presiden Azerbaijan pada hari Senin mengumumkan bahwa pasukan negaranya membebaskan 23 desa lagi dari pendudukan Armenia.

Di antara desa-desa yang dibebaskan adalah desa-desa Gobu Dilagarda, Yal Pirahmetli, Yuxari Yaglivend, Dilagarda, Seyid Mahmudlu dan Elesgerli di provinsi Fuzuli; Desa Demirchiler, Chanagchi, Medetkend, Signaq di Khojaly; Desa Susanlig, Doni, Tug, Akaku dan Azikh di provinsi Khojavend; Desa Huseynalilar, Soyudlu dan Ashagi Sirik di Jabrayil, Yukhari Mollu, Ashagi Mollu dan desa Khojik di desa Gubadli, Kechikli dan Ordekli di provinsi Zengilan, kata Ilham Aliyev di Twitter.

Bacaan Lainnya

Tentara Azerbaijan telah membebaskan lima kota, tiga kota dan hampir 240 desa serta beberapa bukit strategis dari pendudukan pasukan Armenia sejak melancarkan operasi di wilayah Nagorno-Karabakh pada 27 September.

Hubungan antara dua bekas republik Soviet atas Karabakh Atas, juga dikenal sebagai Nagorno-Karabakh, tetap tegang sejak 1991, tetapi bentrokan baru terjadi pada 27 September.

Sejak itu, Armenia berulang kali menyerang warga sipil dan pasukan Azerbaijan, bahkan melanggar tiga perjanjian gencatan senjata kemanusiaan.

Sekitar 20% wilayah Azerbaijan – termasuk Karabakh Atas dan tujuh wilayah yang berdekatan – telah di bawah pendudukan Armenia selama hampir tiga dekade.

Sementara kekuatan dunia telah menyerukan gencatan senjata yang berkelanjutan, Turki telah mendukung hak Baku untuk membela diri dan menuntut penarikan pasukan pendudukan Armenia.

Berbagai resolusi PBB juga menyerukan penarikan pasukan penyerang tanpa syarat.

Pos terkait