Azerbaijan Menghancurkan Konvoi Militer Armenia

  • Whatsapp

Jurnalpatrolinews – Baku : Tentara Azerbaijan pada hari Minggu menghancurkan konvoi militer milik tentara Armenia dalam operasi yang dimulai untuk menyelamatkan wilayahnya dari pendudukan.

Kementerian Pertahanan Azerbaijan mengatakan pergerakan konvoi tentara Armenia ke arah Khojavend terdeteksi sekitar pukul 5 sore waktu setempat (1300GMT) pada 31 Oktober.

Bacaan Lainnya

Konvoi tentara Armenia dihantam dengan serangan udara dan bola meriam dan beberapa kendaraan dihancurkan, sementara personel militer Armenia dilumpuhkan, tambah kementerian itu.

Rekaman video serangan itu juga dibagikan kepada publik.

Konflik Karabakh Atas

Hubungan antara dua bekas republik Soviet itu tegang sejak 1991 ketika militer Armenia menduduki Karabakh Atas, atau Nagorno-Karabakh, wilayah Azerbaijan yang diakui secara internasional, dan tujuh wilayah yang berdekatan.

Empat resolusi Dewan Keamanan PBB dan dua dari Sidang Umum PBB, serta organisasi internasional, menuntut “penarikan pasukan pendudukan secara lengkap dan tanpa syarat segera” dari wilayah Azerbaijan yang diduduki.

Sekitar 20% wilayah Azerbaijan – termasuk Nagorno-Karabakh dan tujuh wilayah yang berdekatan – berada di bawah pendudukan Armenia secara ilegal selama hampir tiga dekade.

Gencatan senjata, bagaimanapun, disetujui pada tahun 1994.

Kekuatan dunia, termasuk Rusia, Prancis, dan AS, telah menyerukan gencatan senjata yang berkelanjutan. Turki, sementara itu, telah mendukung hak Baku untuk membela diri dan menuntut penarikan pasukan pendudukan Armenia.

Pos terkait