Bakal Seru…! Bikin AS Waswas, Proyek Gila: China Bikin Jet Tempur Generasi Terbaru

JurnalPatroliNews – Jakarta,-  China diklaim tengah menjalankan proyek gila mengembangkan jet tempur generasi terbaru yang bisa melawan jet milik Amerika Serikat.

Ambisi China ini pun disebut-sebut bisa bikin AS tambah waswas disaingi Beijing dalam modernisasi alat utama sistem pertahanan, seperti dikutip dari Asia Times.

Jet tempur generasi keenam itu disebut bakal memiliki teknologi canggih dan baru seperti desain modular, mesin pintar, piranti lunak kecerdasan buatan, virtual dan augmented reality, kumpulan drone, serta opsi antara pesawat awak atau nirawak.

Mengutip The Drive, Panglima Komando Tempur Udara AS Jenderal Mark D Kelly menilai jet tempur itu dibuat sebagai tanggapan atas program Next Generation Air Dominance (NGAD) Angkatan Udara AS.

Kelly berpendapat China hendak membuat jet dengan keseluruhan sistem terintegrasi yang sama seperti yang tengah dikembangkan AS.

NGAD sendiri merupakan jet tempur yang lebih dari sekadar pesawat tempur berawak generasi keenam. NGAD dikembangkan untuk memasukkan drone kolaboratif agar mampu bekerja bersama pesawat berawak ditambah dengan senjata baru, sensor, serta arsitektur komunikasi.

Komentar