Bantu Indonesia, Korsel Kirim Konsentrator Oksigen dan Ventilator

JurnalPatroliNews, Jakarta – Kedutaan Besar Korea Selatan (Korsel) di Jakarta mengatakan, Seoul mengirimkan konsentrator oksigen dan ventilator ke Indonesia. Pengiriman bantuan ini dilakukan di tengah meningkatnya penyebaran Covid-19 di Indonesia.

“Bantuan kemanusiaan berupa peralatan medis yang akan diberikan kepada pemerintah Indonesia antara lain adalah 350 unit konsentrator oksigen dan 35 unit ventilator,” kata Kedutaan Besar Korsel.

“Rencananya, bantuan tersebut akan didatangkan secara bertahap,” sambungnya, dalam siaran pers yang diterima Sindonews pada Minggu (18/7/2021).

Pihak Kedutaan Besar Korsel mengatakan, bantuan tahap pertama sebanyak 200 unit konsentrator oksigen yang telah tiba di Bandara Soekarno Hatta. “Sedangkan, sisa bantuan lainnya direncanakan tiba di Indonesia dalam waktu dekat,” ujarnya.

Seoul, menurut Kedutaan Besar Korsel, tahun ini telah mengucurkan dana sebesar 4 juta USD untuk membantu pemerintah Indonesia sebagai wujud kerja sama dalam meningkatkan kapasitas penanggulangan Covid-19.

Program-program kerja sama tersebut meliputi pemberian peralatan tes PCR dan test kit antigen untuk meningkatkan kapasitas pengetesan, pelaksanaan program peningkatan sumber daya tenaga kesehatan, serta pemberian bantuan penanggulangan penyebaran Covid-19 di daerah-daerah terpencil, termasuk pulau-pulau terluar.

Duta Besar Korsel untuk Indonesia, Park Tae-sung, menyatakan bahwa tidak ada satu negara pun yang dapat mengatasi pandemi Covid-19 ini seorang diri. Menurutnya, situasi Covid-19 ini seharusnya dihadapi dengan membangun solidaritas dan kerja sama internasional.

Tae-sungberkomitmen bahwa Korsel senantiasa akan berjuang bersama Indonesia untuk mengakhiri Covid-19. Harapannya, melalui bantuan ini, Korsel setidaknya turut andil mengamankan jumlah konsentrator oksigen di Indonesia.

(sdn)

Komentar