Blokade Oleh Aktivis Iklim Extinction Rebellion Di Karlsplatz, Wina Berlanjut

Jurnalpatrolinews – Wina : Pemblokiran oleh aktivis iklim Extinction Rebellion (XR) di kawasan Karlsplatz di pusat kota Wina, yang telah berlangsung sejak Kamis malam, dilanjutkan semalaman oleh para manifes. 

Menurut polisi, sekitar 30 orang demonstran melakukan aksi pada pagi hari di sudut Friedrichstrasse dan Operngasse dan memblokir sebagian area. Penghalang teknis juga telah disiapkan. Ada kemacetan lalu lintas. Para aktivis menyerukan pembicaraan dengan Walikota Michael Ludwig (SPÖ).

Menurut juru bicara kepolisian Markus Dittrich, tidak ada alasan pembubaran pertemuan tersebut. “Hak majelis lebih diutamakan daripada pelanggaran administratif yang merupakan majelis tidak terdaftar,” jelas Dittrich. Angkutan umum diizinkan melewati blokade.

Blokade didirikan sekitar pukul 7 malam pada hari Kamis. Para demonstran, yang antara lain menuntut pembentukan dewan warga iklim yang disarankan oleh para ahli, tetap berada di tempat pada malam itu. 

Tidak seperti di Michaelerplatz pada awal minggu, kali ini mereka tidak mendirikan tenda, melainkan tinggal di luar dalam suhu yang sejuk. Dalam siaran pagi hari mereka mengumumkan bahwa mereka akan tinggal dan mendapatkan persetujuan politik untuk pembentukan dewan warga. 

Komentar