Mendapatkan kesepakatan untuk menyelesaikan pemogokan adalah krusial bagi Boeing, yang baru-baru ini mengajukan tuntutan terkait praktik ketenagakerjaan yang tidak adil terhadap serikat pekerja, dengan tuduhan bahwa mereka tidak berunding dengan itikad baik.
Menurut lembaga pemeringkat S&P, pemogokan tersebut diperkirakan merugikan Boeing hingga US$ 1 miliar per bulan dan perusahaan berisiko kehilangan peringkat kredit investasi yang sangat penting.
Ortberg juga menambahkan bahwa Boeing telah memberitahu pelanggannya bahwa pengiriman pesawat 777X yang pertama kini dijadwalkan pada tahun 2026, akibat tantangan dalam pengembangan, penundaan uji terbang, serta pemogokan yang terjadi.
“Meski kami menghadapi berbagai tantangan jangka pendek, kami mengambil keputusan strategis yang penting untuk masa depan dan memiliki gambaran yang jelas tentang langkah-langkah yang harus diambil untuk memulihkan perusahaan kami,” jelas Ortberg.
Boeing berencana untuk menghentikan program pesawat kargo 767 pada tahun 2027 setelah menyelesaikan dan mengirimkan 29 pesawat yang tersisa, meskipun produksi untuk Tanker KC-46A akan tetap berlanjut.
Sebelum pemogokan dimulai pada 13 September, Boeing sudah mengalami masalah keuangan akibat insiden panel yang meledak pada bulan Januari, yang mengungkapkan kekurangan dalam protokol keselamatan dan mendorong regulator AS untuk mengurangi produksinya.
Reuters melaporkan bahwa Boeing kini sedang mempertimbangkan opsi untuk mengumpulkan miliaran dolar melalui penjualan saham dan sekuritas lain.
Salah satu opsi yang diusulkan adalah menjual saham biasa dan instrumen lain seperti obligasi konversi dan ekuitas preferen. Sumber yang terlibat menyarankan agar Boeing dapat mengumpulkan sekitar US$ 10 miliar, mengingat perusahaan memiliki utang sekitar US$ 60 miliar dan mencatat kerugian arus kas operasional lebih dari US$ 7 miliar untuk paruh pertama tahun 2024.
Analis memperkirakan Boeing perlu mengumpulkan antara US$ 10 miliar hingga US$ 15 miliar untuk mempertahankan peringkat kredit yang kini hanya satu tingkat di atas junk.
Komentar