Boris Johnson, Joe Biden Berjanji Untuk Bekerja Sama Erat Dalam Panggilan Telepon Pertama

Jurnalpatrolinews – London : Perdana Menteri Inggris Boris Johnson berbicara dengan Joe Biden pada hari Selasa selama panggilan telepon resmi pertama mereka sejak Presiden terpilih AS memenangkan pemilihan 3 November melawan petahana Donald Trump.

Diyakini bahwa Biden memilih untuk menelepon Johnson sebelum para pemimpin lainnya di Eropa karena Downing Street mengatakan kedua pemimpin itu berjanji untuk bekerja sama secara erat.

“Dalam panggilan telepon sore ini, Perdana Menteri dengan hangat memberi selamat kepada Joe Biden atas terpilihnya sebagai Presiden Amerika Serikat. Perdana Menteri juga menyampaikan selamat kepada Wakil Presiden terpilih Kamala Harris atas pencapaian bersejarahnya, ”kata juru bicara Downing Street.

“Mereka membahas hubungan erat dan jangka panjang antara negara kami dan berkomitmen untuk membangun kemitraan ini di tahun-tahun mendatang, di berbagai bidang seperti perdagangan dan keamanan – termasuk melalui NATO. Perdana Menteri dan Presiden terpilih juga berharap untuk bekerja sama secara erat dalam prioritas bersama mereka, mulai dari menangani perubahan iklim, hingga mempromosikan demokrasi, dan membangun kembali lebih baik dari pandemi virus corona, ”kata juru bicara itu.

Selama percakapan, Johnson dikatakan telah secara resmi mengundang Biden untuk menghadiri KTT perubahan iklim COP26 yang diselenggarakan Inggris di Glasgow tahun depan.

“Mereka juga berharap dapat bertemu satu sama lain secara langsung, termasuk ketika Inggris menjadi tuan rumah KTT G7 pada 2021,” tambah juru bicara itu.

Biden dinyatakan sebagai pemenang pada hari Sabtu saat ia melewati 270 suara electoral college. Namun, penghitungan sedang berlangsung di beberapa negara bagian, dengan Presiden Donald Trump memperdebatkan hasilnya.

Segera setelah panggilan teleponnya, Johnson juga mengeluarkan pernyataan Twitter yang mengatakan bahwa dia berharap untuk “memperkuat kemitraan” antara negara kita dan bekerja dengannya dalam prioritas bersama – dari menangani perubahan iklim, untuk mempromosikan demokrasi dan membangun kembali dengan lebih baik dari pandemi.

Komentar