China Bangun Senjata Robot Peledak Satelit Tanpa Puing

JurnalPatroliNews – Jakarta – China telah membangun dan menguji perangkat robot anti-satelit yang dapat menempatkan paket kecil bahan peledak ke dalam satelit.

Senjata itu dikembangkan oleh tim peneliti dari Politeknik Industri Pertahanan Hunan di Xiangtan.

“Alih-alih meledakkan satelit menjadi berkeping-keping, bahan peledak yang meleleh dapat menghasilkan ledakan stabil yang dikendalikan waktu,” tulis Profesor Sun Yunzhong dan rekan-rekannya dalam sebuah makalah yang diterbitkan dalam jurnal domestik Electronic Technology & Rekayasa Perangkat Lunak bulan lalu.

Dikutip dari South China Morning Post pada Jumat (22/10), perangkat bisa tinggal di dalam satelit untuk waktu yang lama dengan menggunakan mekanisme penguncian yang digerakkan oleh motor listrik. Jika diperlukan, proses dapat dibalik untuk memisahkannya dari target.

Perangkat telah dibangun dan diuji di fasilitas darat dan para peneliti mengatakan itu akan memiliki nilai praktis dalam aplikasi teknik tertentu.

China melakukan uji anti-satelit pertamanya pada tahun 2007, menghancurkan satelit cuaca yang sudah tidak berfungsi dengan rudal dan menuai kritik internasional atas puing-puing awan yang diciptakannya.

Komentar