China Marah! AS Kembali Tunjuk Covid Berasal Dari Beijing

JurnalPatroliNews – Jakarta – Pemerintah China kembali mendesak Amerika Serikat agar tidak terus menerus mempolitisasi asal-usul virus corona dan mengatakan bahwa virus itu lolos dari laboratorium.

“Penelusuran asal-usul SARS-CoV-2 adalah tentang sains dan tidak boleh dipolitisasi,” kata Mao Ning, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China pada Senin (27/2), saat menanggapi pertanyaan AFP tentang klaim tak henti yang dibuat oleh pers Amerika.

The Wall Street Journal melaporkan pada Minggu (26/2), bahwa Departemen Energi AS telah meninjau ulang tentang virus Covid-19 yang disebutnya tidak berasal dari alam.

Mengenai penyelidikan asal usul virus, Mao menekankan bahwa China selalu mendukung dan berpartisipasi dalam penelusuran asal-usul berbasis sains global.

Mao kemudian merujuk hasil penelitian yang dilakukan para ahli dari misi bersama WHO-Tiongkok setelah kunjungan lapangan ke laboratorium di Wuhan.

Ia juga merujuk komunikasi mendalam dengan para peneliti. Jelas bahwa virus tersebut bukan berasal dari kebocoran laboratorium.

Kesimpulan ini, kata Mao, dicatat secara akurat dalam laporan misi dan telah mendapat pengakuan luas dari komunitas internasional.

“Pihak-pihak tertentu harus berhenti mengungkit kembali narasi kebocoran lab, berhenti mencoreng China, dan berhenti mempolitisasi penelusuran asal-usul,” katanya. 

Komentar