China Menunjukkan Kepada AS Perbedaan Antara Demokrasi Dan Coca Cola

Jurnalpatrolinews – Beijing : Menteri Luar Negeri China Wang Yi berbicara selama konferensi video dengan perwakilan Dewan Hubungan Luar Negeri AS.

Menurut Wang Yi, “Tidak ada kekuatan yang dapat menyangkal jalan yang diambil oleh negara lain, dan tidak ada negara yang akan mengubah sistemnya sendiri sesuai dengan suka dan tidak suka orang lain. Pada akhirnya, hanya rakyat di suatu negara yang harus memutuskan apakah sistem dan jalur yang mereka pilih sudah benar. Kami tidak pernah mengadopsi model asing, tidak mengekspor ideologi kami dan tidak mengharuskan negara lain meniru metode China, ”lapor RIA Novosti.

Seperti dicatat Wang Yi, China menolak tesis AS tentang perselisihan antara “demokrasi” Amerika dan “otoriterisme” China, karena “demokrasi bukanlah Coca Cola, di mana AS memproduksi sirup asli dan seluruh dunia merasakan hal yang sama. 

Jika hanya ada satu model dan satu budaya di Bumi, dunia akan kehilangan vitalitas dan peluang untuk bertahan hidup. 

Hanya karena bentuk demokrasi berbeda dari demokrasi Amerika, China dicap sebagai rezim “otoriter” dan “diktator”, yang dengan sendirinya merupakan manifestasi dari tidak demokratis. ”   (***/. dd – jpgzt)

Komentar