China Merilis Video Bentrokan Di Lembah Galwan, Menunjukkan Konfrontasi Dengan Pasukan India

  • Whatsapp
Foto : NDTV

Jurnalpatrolinews – New Delhi : Puluhan tentara India dan China terlihat di Lembah Galwan di Ladakh timur dalam video baru dari pertempuran perbatasan tahun lalu yang di-tweet oleh media pemerintah China.

Video yang menunjukkan konfrontasi antara tentara India dan China pada Juni tahun lalu muncul setelah China secara resmi mengakui bahwa mereka juga menderita korban dalam bentrokan kekerasan tersebut, dan menyebutkan empat perwira dan tentara yang tewas dalam bentrokan perbatasan. India yakin lebih dari 30 tentara Tiongkok tewas di Galwan. Dua puluh tentara India mengorbankan nyawa mereka untuk negara dalam bentrokan itu.

Bacaan Lainnya

Sebuah tweet oleh analis media pemerintah China Shen Shiwei menuduh pasukan India “masuk tanpa izin ke pihak China”. Video media pemerintah China – jelas merupakan upaya propaganda lainnya – menunjukkan sekelompok besar tentara dari kedua sisi menyeberangi sungai dalam cuaca dingin yang menggigit dan bertemu di tepian berbatu, di mana beberapa dari mereka terlihat saling mendorong untuk kembali. Saat malam tiba, tentara dari kedua sisi terlihat dengan senter, tongkat dan perisai berdiri di tepi tebing. Ada banyak teriakan dalam kegelapan.

Bentrokan Lembah Galwan antara puluhan tentara India dan Tiongkok terjadi ketika tentara Tiongkok mencegah tentara India berbaris ke titik patroli tradisional mereka di daerah tersebut, yang juga telah menyaksikan bentrokan dalam Perang Tiongkok-India 1962.

India dan Cina telah menarik kembali pasukan dari tepi selatan dan utara dari kawasan Danau Pangong yang diperebutkan dengan sengit di dataran tinggi Himalaya barat. Perwira tinggi militer kedua belah pihak dijadwalkan bertemu untuk membahas pelepasan lebih lanjut.

Tetapi tidak jelas kapan proses pelepasan akan meluas ke daerah lain di Ladakh timur, di sepanjang Garis Kontrol Aktual (LAC).

Pihak Cina mempertahankan kehadiran pasukannya di tepi utara Danau Pangong di sebelah timur “Finger 8”. Secara timbal balik, pasukan India akan ditempatkan di markas permanen mereka di Pos Dhan Singh Thapa dekat “Finger 3”.

Struktur yang dibangun oleh kedua sisi sejak April 2020 di tepi utara dan selatan area Danau Pangong telah dihapus dan bentang alam dipulihkan.  (***/. dd- ndtv)

Pos terkait