China pada AS: Dunia Harus ‘Membimbing Secara Positif’ Taliban

  • Whatsapp
Dalam pembicaraan dengan Blinken, Wang Yi menyatakan, Amerika Serikat (AS) dan dunia harus membimbing secara positif" Taliban. Foto/REUTERS

JurnalPatroliNews, Beijing – China menyatakan, Amerika Serikat (AS) dan dunia harus “membimbing secara positif” Taliban . Hal itu disampaikan Menteri Luar Negeri China, Wang Yi saat melakukan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken.

Dalam pembicaraan itu, Wang Yi mengatakan bahwa masyarakat internasional juga harus terlibat dengan Taliban. Di mana, menurut Wang Yi, Taliban adalah penguasa baru Afghanistan.

BACA JUGA :

“Washington harus bekerja dengan komunitas internasional untuk memberikan bantuan ekonomi dan kemanusiaan ke Afghanistan, membantu rezim baru menjalankan fungsi pemerintahan secara normal, menjaga stabilitas sosial, dan menghentikan mata uang agar tidak terdepresiasi dan biaya hidup meningkat,” kata Wang Yi.

“Sambil menghormati kedaulatan Afghanistan, AS harus mengambil tindakan nyata untuk membantu Afghanistan memerangi terorisme dan menghentikan kekerasan, daripada bermain standar ganda atau memerangi terorisme secara selektif,” sambungnya.

Wang Yi, seperti dilansir Channel News Asia pada Senin (30/8/2021), memperingatkan bahwa penarikan tergesa-gesa AS dari Afghanistan dapat memungkinkan kelompok teroris untuk berkumpul kembali dan kembali lebih kuat.

Sementara itu, di Washington, juru bicara Kementerian Luar Negeri AS, Ned Price mengatakan bahwa Blinken dan Wang berbicara tentang pentingnya masyarakat internasional meminta pertanggungjawaban Taliban atas komitmen publik yang telah mereka buat mengenai perjalanan yang aman dan kebebasan untuk bepergian bagi warga Afghanistan, dan warga negara asing.

(sdn)

Pos terkait