Diutamakan Tenaga Medis, Arab Saudi Sediakan  8 Juta Lowongan, Orang RI Bisa Daftar Nih!

JurnalPatroliNews – Jakarta – Arab Saudi menyediakan 8 juta lowongan kerja yang terbuka untuk tenaga kerja formal atau profesional dari Indonesia yang ingin mengadu nasib di negara tersebut. Diutamakan bagi tenaga-tenaga medis seperti perawat, bidan, hingga dokter.

Keterangan tersebut disampaikan Duta Besar Republik Indonesia untuk Arab Saudi, Abdul Aziz Ahmad, saat menemui sejumlah wartawan dan pimpinan media di kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia di Riyadh, Arab Saudi pada Minggu (20/2).

“Ada delapan jutaan lowongan pekerjaan untuk profesional atau sektor formal dan tiga juta untuk sektor informal,” kata Abdul Aziz dikutip dari rekan media, Selasa (22/2/2022).

Arab Saudi selama ini banyak dipasok tenaga-tenaga profesional dari Palestina, Suriah, Mesir dan India untuk memenuhi kekurangan kebutuhan tenaga medis di negaranya.

Selain tenaga medis, Arab Saudi juga membutuhkan tenaga-tenaga profesional di bidang pendidikan seperti guru dan dosen.

“Peluang ini sangat bagus karena pasti akan membawa peningkatan kemampuan bagi tenaga profesional dari Indonesia,” kata Abdul Aziz.

Tingginya peluang kerja tersebut membuat KBRI Arab Saudi akan lebih fokus untuk memenuhi kebutuhan sektor formal dibanding sektor informal. Tidak bisa dipungkiri, selama ini citra Indonesia di Arab Saudi tidak begitu baik karena dianggap hanya bisa mengirimkan tenaga kerja informal.

“Sekarang kami akan fokus ke tenaga profesional, walaupun kami tetap akan siap melayani tenaga kerja non-formal,” ujarnya.

KBRI Arab Saudi telah melakukan pembicaraan dengan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Indonesia. Menurut Abdul Aziz, Kemnaker juga telah melakukan sejumlah pembicaraan dengan Kementerian Tenaga Kerja Arab Saudi untuk menyusun pengaturan teknis pengiriman tenaga kerja profesional dari Indonesia.

Pengaturan teknis ini sangat perlu untuk menjamin hak pekerja dari Indonesia di Arab Saudi.

Komentar