Fenomena Satelit Altimeter Bikin Panik! Situasi di Antarktika Memprihatinkan

Ia mengatakan konsekuensinya bisa sangat besar. Antartika menahan 88 persen potensi permukaan air laut di seluruh daratan es.

Bongkahan yang menempel di daratan es yang mengapung permanen di air beku butuh ribuan tahun untuk terbentuk. Bongkahan itu berfungsi menahan gletser yang jika bongkahan itu tidak ada maka akan dapat masuk ke air laut dengan cepat dan kemudian menaikan permukaan air laut.

Ketika bongkahan itu stabil, siklus bongkahan itu pecah dalam jangka panjang dan terbentuk kembali ke ukuran sebelumnya cukup konstan. Tapi beberapa puluh tahun terakhir air yang menghangat memperlemah bongkahan dari bawah.

Fenomena ini sebelumnya didokumentasikan satelit altimeter yang mengukur perubahan ketinggian es. Menurut NASA sejak 2002 sampai 2020 rata-rata Antartika kehilangan 149 juta ton es per tahun.

Tim peneliti Green mensintesis citra satelit dari panjang gelombang infra-merah yang terlihat dan radar untuk memetakan aliran gletser dan pecahan sejak 1997 dengan lebih akurat dari sebelumnya pada 50 ribu kilometer pinggir Antartika.

Komentar