Jika Gagal Berdamai, Afghanistan Siap Perang Dengan Taliban

  • Whatsapp
Tentara Afganistan, (Foto : BBC)

Jurnalatrolinews – Islamabad : Wakil Kepala Badan Keamanan Nasional Afghanistan, memperingatkan bahwa jika proses perdamaian gagal, pasukan pemerintah akan menggunakan kekuatan untuk melawan Taliban di medan perang.

“Informasi keamanan menunjukkan bahwa Taliban dan kelompok-kelompok teroris sedang berusaha menggulingkan pusat pemerintahan provinsi,” kata Nazar Ali Wahidi dalam rapat dengan lembaga-lembaga keamanan Afghanistan, Selasa (30/3/2021).

Bacaan Lainnya

“Pakistan telah mengundang para gubernur dan komandan militer Taliban ke negara itu untuk mengatur perang di Afghanistan,” ungkapnya seperti dilansir Afghan Voice Agency (AVA).

Wahidi menambahkan mayoritas gubernur dan pejabat militer Taliban telah dipanggil ke Peshawar untuk mempersiapkan perang.

“Mereka sudah mempersiapkan perang, tapi kami juga siap,” tegasnya.

Pakistan dan Afghanistan terlibat sengketa di Garis Durand (The Durand Line) dan masalah pembangunan fasilitas perbatasan, dan mereka juga saling menuduh mendukung terorisme.

Garis Durand adalah batas internasional peninggalan era kolonialisme Inggris, yang memisahkan antara Pakistan dan Afghanistan.

(***/. dd – prs)

Pos terkait