Jokowi Ke Korsel, Bakal Bawa Pulang Rp 100 T Buat Kembangkan Mobil Listrik-IKN

JurnalPatroliNews – Jakarta – Presiden Joko Widodo hari ini melakukan pertemuan dengan Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol di Kantor Kepresidenan Yongsan, Seoul. Dalam agenda itu Jokowi menyampaikan ada sejumlah investasi yang diberikan Korea Selatan.

Mengutip keterangan resmi Badan Koordinaasi Penanaman Modal (BKPM), minat investasi ataupun rencana perluasan investasi Korsel nilainya mencapai US$ 6,72 miliar atau setara Rp 100,69 triliun.

Total nilai investasi itu terdiri dari investasi di bidang industri baja otomotif untuk kendaraan listrik dan partisipasi Korea Selatan dalam pengembangan Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Akan menyerap lebih dari 58 ribu tenaga kerja,” kata Jokowi dalam konferensi pers yang disiarkan di YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (28/7/2022).

Investasi itu ditandai dengan telah ditandatanganinya MOU antara Kementerian investasi Posco Korea dan Krakatau Steel Indonesia. Jokowi juga mengatakan kerja sama itulah yang memang didorong agar Korea Selatan mau berinvestasi di Indonesia.

“Terutama di bidang percepatan pembangunan ekosistem mobil listrik di Indonesia termasuk Proyek industri baterai terintegrasi dengan pertambangan dan industri baja otomotif untuk kendaraan listrik,” ucapnya.

Sementara dalam hal kerja sama untuk membangun IKN yakni dalam bentuk pembangunan untuk sistem penyediaan air minum dan capacity building di bidang pembangunan smart city. Kini, investasi Korea Selatan di Indonesia mengalami pertumbuhan secara pesat.

“Dan prospek yang baik, khususnya di beberapa bidang termasuk industri baja petrokimia baterai kendaraan listrik industri kabel listrik dan telekomunikasi serta garmen dan energi terbarukan,” ungkap Jokowi.

Komentar