Jokowi Perkenalkan Prabowo di Pembukaan World Water Forum ke-10

JurnalPatroliNews – Bali – Presiden RI Joko Widodo, memperkenalkan Prabowo Subianto, presiden terpilih, kepada para delegasi dari berbagai negara. Acara ini merupakan pembukaan World Water Forum (WWF) ke-10, diselenggarakan di Mangapura Hall BICC pada Senin (20/5).

Dalam pidato pembukaannya, Jokowi menekankan pentingnya air bagi kehidupan di planet ini. Meskipun 72 persen permukaan bumi terdiri dari air, hanya satu persen yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan minum dan sanitasi.

“Tanpa air, tidak ada makanan, tidak ada perdamaian, tidak ada kehidupan, no water no life, no growth. Oleh sebab itu air harus dikelola dengan baik karena setiap tetesnya sangat berharga,” kata Jokowi.

Presiden juga menyoroti sistem pengelolaan air di Indonesia yang kaya akan nilai budaya, seperti sistem pengairan Subak di Bali yang sudah ada sejak abad ke-11 dan diakui sebagai warisan budaya dunia.

“Bagi masyarakat Bali, air adalah kemuliaan yang mengandung nilai-nilai spiritual dan budaya yang harus dikelola bersama,” ujar Jokowi.

Melalui forum ini, Jokowi berharap semua negara dapat bekerja sama untuk mengatasi tantangan global terkait air. “Let’s preserve our water today for shared prosperity tomorrow,” sambungnya.

Jokowi juga mengumumkan bahwa masa jabatannya sebagai presiden akan berakhir pada bulan Oktober. Dia kemudian memperkenalkan Prabowo sebagai presiden terpilih yang akan melanjutkan kepemimpinan dan berkontribusi dalam pengelolaan air selama lima tahun mendatang.

“And on this good occasion allow me to introduce the president-elect of Indonesia, Mr. Prabowo Subianto, who is currently serving as the Minister of Defense, who will continue Indonesia’s commitment to contribute toward world’s water,” ungkap Jokowi.

Komentar