Jumlah Warga Kyrgyzstan Yang Tewas Dalam Konflik Dengan Tajikistan Telah Meningkat Menjadi 31 Orang

Jurnalpatrolinews – Bishkek : Akibat bentrokan di perbatasan dengan Tajikistan, 31 warga Kyrgyzstan tewas. Wakil Menteri Pertama Kesehatan dan Pembangunan Sosial Aliza Soltonbekova menyatakan hal ini dalam sebuah arahan.

Selain itu, menurutnya 154 orang luka-luka, 121 orang di antaranya warga sipil. 43 orang luka-luka dibawa ke rumah sakit di Bishkek, dua orang dalam kondisi serius.

Adapun korban dari Tajikistan, delapan diketahui tewas. Dilaporkan juga 110 orang luka-luka. Namun, “Sputnik Tajikistan” mencatat bahwa mungkin ada sekitar 20 orang tewas, dan sekitar 160 terluka.

Izinkan kami mengingatkan Anda bahwa situasi di perbatasan kedua republik semakin memburuk sehari sebelumnya. Negara bagian saling menuduh melakukan provokasi , dan pertempuran pecah di zona konflik. 

Pada Kamis malam, para pihak menyetujui gencatan senjata, tetapi hari ini penembakan dilanjutkan sebentar di perbatasan, setelah itu Kementerian Luar Negeri Kyrgyzstan mengumumkan bahwa Bishkek dan Dushanbe akan duduk di meja perundingan.

(***/. dd – life)

 

Komentar