Keajaiban Sawah Terasering Multi-Generasi Suku Hani di China, ‘Harmoni Ribuan Tahun Antara Manusia Dengan Alam’

Ini akhirnya tercapai pada 2013. Badan PBB itu mengatakan, “Sistem pengolahan lahan yang tangguh di sawah terasering menunjukkan harmoni yang luar biasa antara manusia dengan lingkungan mereka, baik secara visual maupun ekologis.”

Mahakarya ekologi

Dalam beberapa dekade terakhir, terus menyembunyikan keindahan lanskap seperti ini sangat sulit. Para fotografer, baik amatir maupun lokal, memenuhi lokasi sawah pada saat liburan Tahun Baru China pada akhir Januari hingga awal Februari.

Sawah berundak-undak ini terlihat paling fotogenik pada bulan-bulan antara November sampai April, ketika terasering yang tergenang air bak cermin yang memantulkan cahaya matahari.

Pemandangan desa-desa Suku Hani juga tak kalah indahnya. Rumah mereka terbuat dari batu bata dengan atap jerami yang berbentuk seperti jamur. Babi hitam berkeliaran dengan bebas, kerap kali diikuti oleh anak-anak babi yang lucu.

Desa Yuanyang, rumah bagi terasering ini, memiliki populasi sekitar 370 ribu orang, sekitar 90% di antaranya adalah Suku Hani.

Di hari pasar, orang-orang Hani akan berkumpul dengan mereka yang berasal dari suku-suku lain seperti Miao, Yao, Dai, Zhuang, dan Yi untuk saling bertukar hasil bumi, makan-minum, bergosip dan merokok dengan pipa bambu bersama.

Para perempuan akan mengenakan pakaian bordir warna-warni mereka, lengkap dengan perhiasan perak.

Tak jauh dari kemeriahan pasar, sawah terasering menyediakan tempat untuk menyepi dan menyendiri.

Di masa ketika sumber daya alam semakin menciut setiap harinya, Goodman berkata Suku Hani bisa memberikan kita pelajaran tentang manajemen tanah, juga cara hidup secara harmoni dengan lingkungan.

“Mereka bangga dengan capaian ini,” ujarnya. “Mereka telah membangun sesuatu yang luar biasa dan mempertahankannya selama 1.300 tahun.”

Dia menambahkan, “Tunjukkan kepada mereka foto orang Hani dengan berpakaian tradisional mereka, lengkap dengan perhiasanmya, dan mereka akan angkat bahu.

“Tapi tunjukkan mereka foto sawah terasering, mereka akan tersenyum bahkan mengacungkan jempol.”

Komentar