Kembali Israel Lancarkan Serangan Udara dan Pengeboman ke Gaza, Balas Bentrokan di Perbatasan

JurnalPatroliNews – GAZA – Beberapa ledakan telah mengguncang Gaza setelah tentara keamanan Israel (IDF) meluncurkan serangkaian serangan udara pada Sabtu (21/8/2021). Serangan itu dilancarkan sebagai pembalasan terhadap bentrokan di perbatasan yang menyebabkan seorang tentara Israel terluka parah.

Menurut keterangan saksi mata dan laporan media Palestina, serangan pertama menghantam Gaza sesaat sebelum tengah malam. Beberapa video yang beredar online menunjukkan ledakan besar mengguncang Jalur Gaza pada Sabtu malam.

“Menanggapi kerusuhan kekerasan yang dihasut Hamas di perbatasan Israel-Gaza hari ini, pasukan kami baru saja menyerang 4 lokasi pembuatan senjata dan penyimpanan Hamas,” kata IDF mengonfirmasi serangan tersebut dalam sebuah cuitan di Twitter. Militer Israel sebelumnya mengumumkan akan mengirim “bala bantuan” ke Divisi Gaza.

Beberapa laporan menunjukkan setidaknya satu serangan menghantam daerah dekat Kamp Pengungsi Nuseirat di Gaza tengah, tetapi tidak ada laporan segera mengenai korban, demikian diwartakan RT.

Bentrokan besar meletus di daerah perbatasan yang dijaga ketat setelah ratusan warga Palestina berkumpul untuk memprotes blokade Israel yang sedang berlangsung pada Sabtu sore.

IDF menanggapi dengan “cara pembubaran kerusuhan” dan mengaku menggunakan tembakan peluru tajam “bila perlu”, setelah beberapa pengunjuk rasa mencoba memanjat pagar. Beberapa pengunjuk rasa dilaporkan “diduga melemparkan bahan peledak” ke arah pasukan Israel.

(*/red)

Komentar