Kisah Perusahaan Raksasa: Dollar General, Terus Cuan, Ternyata Didirikan Oleh Orang Putus Sekolah

JurnalPatroliNews – Jakarta – Dollar General Corporation adalah jaringan pengecer di Amerika Serikat yang pamornya naik karena diskon. Perusahaan ini menawarkan berbagai pilihan barang dagangan, termasuk bahan habis pakai, produk musiman, produk rumah tangga, dan pakaian jadi.

Menjadi salah satu peritel atau pengecer terbesar AS, Dollar General adalah salah satu perusahaan raksasa Fortune dalam Global 500 tahun 2020. Di tahun itu, pendapatan total (revenue) perusahaan mengumpulkan 27,7 miliar dolar AS, dengan pertumbuhan 8,3 persen dari tahun sebelumnya.

Untuk profit atau keuntungan peritel besar asal AS itu pada 2020 mencapai 1,7 miliar dolar AS per tahun. Pertumbuhannya dari tahun 2019 adalah sebesar 7,7 persen.

Dikutip dari berbagai sumber, Dollar General didirikan oleh James Luther (J.L.) Turner dan putranya Cal Turner. James Turner terpaksa putus sekolah, dan melanjutkan kegiatannya untuk bekerja demi menghidupi ibu dan saudaranya sehingga dirinya tak pernah menamatkan bangku pendidikan. 

Setelah dua kali gagal dalam usaha ritel, James menjadi penjual barang kering keliling untuk toko grosir Nashville. James meninggalkan pekerjaan penjualan setelah 10 tahun dan menetap di keluarganya di Scottsville, Kentucky. Selama Depresi Hebat, ia mulai membeli dan melikuidasi toko-toko umum yang bangkrut. Anak tunggal James, Cal Turner, menemani ayahnya ke obralan ini di usia muda, mendapatkan pengetahuan dan keterampilan bisnis yang berharga.

Pada bulan Oktober 1939, James dan Cal membuka J.L. Turner and Son dengan investasi awal masing-masing 5.000 dolar AS. Peralihan ke ritel menghasilkan penjualan tahunan di atas 2 juta dolar AS pada awal 1950-an. Pada pertengahan 1950-an Turner memiliki 35 department store di Kentucky dan Tennessee.

Pada tahun 1955, Cal Turner mengembangkan idenya tentang toko ritel yang menjual barang seharga satu dolar, berdasarkan promosi Hari Dolar yang diadakan di department store lain, dengan mengubah Department Store Turner di Springfield, Kentucky, menjadi Toko Umum Dolar pertama. Pada tahun 1964 J.L. Turner meninggal meninggalkan putranya Cal Turner untuk menggantikannya.

Perusahaan yang didirikan Cal Turner go public sebagai Dollar General Corporation pada tahun 1968, membukukan penjualan tahunan lebih dari 40 juta dolar AS dan laba bersih lebih dari 1,5 juta dolar AS.

Komentar