Konflik Laut China Selatan Memanas, AS Janji Lindungi Filipina Dan Jepang

JurnalPatroliNews – AS, – Konflik di Laut China Selatan makin panas, Joe Biden, Presiden Amerika Serikat (AS), berjanji akan memberi dukungan pertahanan kepada Jepang dan Filipina.

Dilansir Reuters, pada Jumat (12/4/24), kapal China dan Filipina, telah memicu kekhawatiran akan konflik yang lebih luas. Terkait hal itu, Biden menjanjikan perlindungan.

“Setiap serangan terhadap pesawat, kapal, atau angkatan bersenjata Filipina di Laut China Selatan, akan mengacu pada perjanjian pertahanan bersama kita,” ujar Biden, saat bertemu dengan Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida di Gedung Putih.

Seperti diketahui, China terus mengklaim hampir seluruh wilayah Laut China Selatan. China, tidak memperdulikan klaim-klaim lain dari beberapa Negara Asia Tenggara termasuk Filipina.

Ketegangan, juga ditambah dengan perselisihan mengenai klaim Tiongkok atas pulau Taiwan, yang memiliki Pemerintahan sendiri. Hal itulah, yang mendorong Biden untuk meningkatkan aliansi di wilayah tersebut.

Komentar