Macron Ketemuan di Bali, Desak Xi Jinping Sampaikan Pesan ke Putin: Bujuk Ke Meja Perundingan

JurnalPatroliNews – Denpasar – Presiden Prancis Emmanuel Macron melakukan pertemuan dengan Presiden China Xi Jinping di sela-sela KTT G20 di Bali.

Dalam pertemuan itu, Macron mendesak Xi untuk membujuk Rusia ke meja perundingan untuk mengakhiri perang berkelanjutan di Ukraina.

Seperti dilansir AFP, Selasa (15/11/2022), kedua pemimpin melakukan pembicaraan sebelum KTT G20 resmi dibuka di Bali pada Selasa (15/11) waktu setempat.

Isu soal invasi Rusia ke Ukraina menjadi salah satu pembahasan utama dalam pertemuan itu.
Kantor kepresidenan Prancis menyatakan dalam sebuah pernyataan, bahwa dalam pembicaraan itu, Macron meminta Xi untuk ‘menyampaikan pesan kepada Presiden (Rusia Vladimir) Putin untuk menghindari eskalasi dan kembali ke meja perundingan dengan serius’.

Kantor kepresidenan Prancis menyebut pembicaraan antara Macron dan Xi di Bali itu berlangsung selama nyaris satu jam.

Kedua pemimpin saling berjabat tangan saat memulai pembicaraan, dengan Macron mengatakan kedua negara harus ‘menyatukan kekuatan untuk merespons… krisis internasional seperti perang Rusia di Ukraina’.

Sementara menurut kantor berita Xinhua, Xi tidak menyinggung secara langsung soal invasi Rusia ke Ukraina dalam pertemuan itu. Hanya disebutkan bahwa Xi menggambarkan dunia saat ini ada dalam ‘periode turbulensi dan transformasi’ dan menyerukan ‘keterbukaan dan kerja sama’.

Pertemuan dengan Macron itu digelar sehari setelah Xi berdialog dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden, dengan kedua pemimpin berjanji mencegah persaingan kedua negara meluas menjadi konflik
Xi yang melakukan kunjungan ke luar negeri yang kedua sejak pandemi virus Corona (COVID-19), telah menjadi sorotan di Bali.

Komentar