Mantan Kolonel Israel : Kubah Besi Tidak Dapat Diandalkan Dalam Menghadapi Rudal Palestina (Video)

Jurnalpatrolinews – Tel Aviv : Seorang mantan pejabat militer Israel telah mengakui bahwa apa yang disebut sistem rudal Iron Dome tidak dapat diandalkan dan tidak akan melindungi wilayah pendudukan dari rudal yang diluncurkan oleh kelompok perlawanan Palestina.

Yossi Langotsky, seorang pensiunan kolonel Israel, mengatakan kepada surat kabar berbahasa Ibrani Maariv pada hari Minggu bahwa Kubah Besi tidak dapat diandalkan karena perang sebelumnya di Jalur Gaza yang terkepung telah membuktikan kegagalan sistem dalam menangkis roket Palestina.

Langotsky menekankan bahwa Iron Dome hanya akan memberikan perlindungan “parsial dan terbatas” terhadap roket yang ditembakkan oleh gerakan perlawanan Palestina Hamas dan Hizbullah Lebanon dalam perang di masa depan.

“Israel seharusnya tidak bergantung pada satu sistem pertahanan dalam perang di masa depan karena roket akan dapat menyebabkan kerusakan pada fasilitas strategis Israel.”

Langotsky mengatakan Iron Dome memiliki beberapa batasan, termasuk intersepsi roket jarak pendek karena intersepsi terjadi di atas area pemukiman, serta ketidakmampuannya untuk mencegat rudal balistik jarak jauh.

Menggarisbawahi bahwa dua roket Iron Dome sering diperlukan untuk mencegat rudal Palestina dan setiap roket menelan biaya sekitar $ 100.000, Langotsky mengatakan Tel Aviv “membutuhkan miliaran dolar AS” dan “tidak akan dapat menyebarkan Iron Dome kecuali untuk jangka waktu terbatas dan memproduksi roket baru akan membutuhkan waktu lama. ”

Dia mengatakan Israel seharusnya tidak membangun sistem tergantung pada satu teknologi tetapi pada dua atau lebih.

Iron Dome yang dipublikasikan secara luas telah dikembangkan bersama oleh perusahaan Amerika Raytheon dan perusahaan Israel Rafael. Sebagian diproduksi di Amerika Serikat.

Iron Dome diklaim mampu mendeteksi, menilai, dan mencegat berbagai target jarak pendek seperti roket, artileri, dan mortir.

Proyek anti-rudal awalnya dikembangkan untuk melawan roket kecil yang ditembakkan Hamas dan kelompok perlawanan Palestina lainnya ke wilayah pendudukan sebagai pembalasan atas kejahatan Israel terhadap Palestina.

Sistem misil Israel telah terbukti tidak efektif dalam memenuhi tujuan itu.  (***/. abna24)

Komentar