Mendorong Inklusi Pemuda dalam Komitmen Pengurangan Emisi Karbon Indonesia

Pada kesempatan yang sama Gracia Paramitha, Dosen LSPR yang juga pengamat G20 menyayangkan bahwa keterlibatan pemuda dalam komitmen pengurangan emisi karbon baik di tingkat global dan Indonesia seperti masih berada di level ‘penyemangat’ dan formalitas saja. Mereka tidak terlibat untuk dapat mempengaruhi kebijakan di bidang lingkungan.

“Saat ini sudah makin banyak literatur dan publikasi ilmiah yang diterbitkan membahas tentang keterlibatan pemuda dalam isu iklim dan politik hijau, dan konsep ekonomi hijau. Hanya saja, peran yang bisa dilakukan oleh pemuda di berbagai forum lingkungan global masih bersifat dekorasi tanpa ada kontribusi lebih dan menjadi preferensi bagi pembuat kebijakan,” kritik Gracia.

“Hal ini mungkin disebabkan karena kapasitas pemuda yang masih belum dapat dipercaya para pengambil kebijakan atau para pemuda tersebut sudah terlibat dalam kepentingan politik praktis, sehingga menggusur idealisme lingkungan mereka untuk ditukar dengan kepentingan politik.” Pungkas Gracia.

Komentar