Menlu Saudi Al-Jubeir Mengecam Menlu Iran Zarif : Arab Saudi Tidak Menyetujui Pembunuhan

Jurnalpatrolinews – Riyadh : Seorang pejabat senior Arab Saudi mengecam menteri luar negeri Iran pada Selasa karena mencoba menyalahkan Riyadh atas semua masalah Teheran, termasuk pembunuhan salah satu ilmuwan nuklir topnya baru-baru ini.

“Tampaknya keputusasaan telah mendorong Menteri Luar Negeri Iran, Tuan [Mohammad] Javad Zarif, untuk menyalahkan kerajaan dan menuduhnya sebagai penyebab dari apa yang terjadi di Iran,” bunyi tweet Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel al- Jubeir.

Komentar Al-Jubeir muncul setelah Zarif menuduh Arab Saudi terlibat dalam pembunuhan ilmuwan nuklir top Iran pekan lalu.

“Perjalanan Pompeo ke wilayah tersebut, pertemuan trilateral di Arab Saudi dan pernyataan Netanyahu semuanya mengarah pada konspirasi ini yang sayangnya terwujud dalam langkah teroris pengecut dan mati syahid salah satu eksekutif puncak negara pada hari Jumat,” klaim Zarif dalam sebuah posting Instagram.

Zarif tidak memberikan bukti atau bukti untuk memvalidasi klaimnya. Dia merujuk pada perjalanan pekan lalu oleh Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo ke Timur Tengah dan dugaan pertemuan antara pejabat Saudi dan Israel.

Arab Saudi membantah pertemuan semacam itu terjadi.

Pada hari Selasa, al-Jubeir mengatakan bahwa jika gempa bumi atau banjir melanda Iran, “kerajaan akan dituduh sebagai penyebabnya juga!”

Mengenai pembunuhan Mohsen Fakhrizadeh minggu lalu, al-Jubeir mengatakan Arab Saudi tidak menyetujui pembunuhan dengan cara apapun, “tidak seperti rezim Iran yang dibangun di atas pembunuhan di seluruh dunia sejak revolusi yang dibajak oleh Khomeini pada 1979.”

Komentar