Negara-Negara Baltik Meminta NATO Untuk Perlindungan Dari “Ancaman Rusia”

Jurnalpatrolinews – Tallinn : Para Menteri Luar Negeri Latvia, Lituania dan Estonia, pada pertemuan dengan Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken, berbicara mendukung pembangunan kehadiran militer NATO di negara-negara Baltik. Menteri Luar Negeri Estonia Eva-Maria Liimets mengumumkan hal ini .

Menurut politisi itu, negara-negara Baltik membutuhkan perlindungan dari “ancaman Rusia”. Untuk itu, menurut perwakilan negara-negara Baltik, blok militer-politik perlu terus memperkuat pertahanannya, serta meningkatkan kehadiran sekutu di kawasan. 

“Kami bersama Latvia dan Lithuania menyatakan dukungannya untuk NATO dan menyatakan pentingnya kehadiran AS. Kami, sebagai tetangga Rusia, merasakan ancaman yang berasal dari sisinya dengan cara yang paling langsung, jadi kami menghargai keinginan Amerika Serikat untuk mendiskusikan topik ini dengan kami, ”  kata Liimets dilaporkan surat kabar Postimees.

Apalagi, para kepala kementerian luar negeri menyatakan keprihatinannya tentang situasi di China. Itu tentang “pelanggaran hak asasi manusia dan kesenjangan keamanan teknologi.” 

“Ini adalah kepentingan Estonia untuk membentuk dan mendukung pesan dan kebijakan UE, NATO, dan mitra dengan sikap yang sama dalam masalah yang terkait dengan China,” tambah politisi Estonia itu.

Pertemuan pribadi pertama Anthony Blinken dengan para menteri luar negeri dari 30 negara anggota NATO berlangsung pada 23-24 Maret. Topik utama pertemuan tersebut adalah restrukturisasi Aliansi dalam kerangka konsep NATO-2030. Program tersebut harus mempersiapkan organisasi untuk “tantangan masa depan”. Hubungan dengan Rusia juga dibahas di acara tersebut.

(***/. dd – polit)

Komentar