Pakistan Menangkap Tersangka Utama Dalam Serangan Mumbai 2008; 166 Meninggal, 6 di Antaranya Orang Israel

  • Whatsapp
Personel keamanan Pakistan mengawal Zaki-ur-Rehman Lakhvi, tersangka dalang serangan Mumbai 2008, saat ia meninggalkan pengadilan setelah sidang di Islamabad pada 1 Januari 2015. kredit foto: AFP

Jurnalpatrolinews – Islamabad : Pasukan keamanan Pakistan Sabtu menangkap seorang tersangka pemimpin kelompok teror yang berada di balik serangan berdarah Mumbai 2008 di India.

Seorang pejabat polisi kontraterorisme Pakistan, Shakil Ahmed, mengatakan bahwa Zaikur Rehman Lakhvi ditangkap di kota Lahore timur, atas tuduhan pendanaan terorisme.

Bacaan Lainnya

Lakhvi diduga sebagai pemimpin kelompok Lashker-e-Taiba yang mengorganisir serangan Mumbai pada tahun 2008 yang menewaskan 166 orang.

Serangan terkoordinasi di kota berpenduduk hampir 20 juta orang itu menghantam hotel-hotel mewah, stasiun kereta api utama, restoran yang populer di kalangan turis, dan pusat kota Chabad , tempat enam orang Israel tewas.

Lakhvi ditahan beberapa hari setelah serangan Mumbai, tetapi dibebaskan pada 2015 oleh pengadilan Pakistan.

Pihak berwenang Pakitani menuduh Lakhvi menjalankan apotek di Lahore sebagai front untuk mendanai kegiatan militan.

Lakhvi adalah tokoh penting dalam organisasi amal Hafiz Saeed, Jamaat-ud-Dawa, yang diyakini sebagai front untuk Lashker-e-Taiba.

Saeed, yang telah ditetapkan sebagai teroris oleh Departemen Kehakiman AS dan memiliki hadiah $ 10 juta di kepalanya, saat ini menjalani beberapa hukuman penjara di Pakistan setelah dihukum dalam beberapa kasus dalam beberapa bulan terakhir. Pemerintah Pakistan telah menyita jaringan luas masjid, sekolah, seminari dan badan amal Saeed serta aset lainnya di negara itu.

 

Pos terkait