Panas..! Israel Bakal Balas Iran, Begini Kata Analis!

JurnalPatroliNews – Teheran, – Kesuksesan Iran meluncurkan rudalnya ke Israel, membuat geram Negara Yahudi tersebut. Beberapa analis memprediksi, Israel bakal melakukan serangan balasan kepada Iran.

“Saat ini, mereka tentu saja secara serius mempertimbangkan serangan langsung terhadap Iran, karena itu adalah jalan paling jelas untuk melakukan pencegahan,” ujar Ryan Bohl, analis senior Timur Tengah dan Afrika Utara, di platform intelijen risiko Rane Network, dikutip CNBC International, Senin (15/4/24).

Bohl menilai, saat ini Israel membutuhkan taktik yang tepat untuk membalas Teheran. Namun, Tel Aviv tidak ingin konflik secara terbuka dengan Iran.

“Taktik yang tidak terlalu beresiko adalah eskalasi terselubung, di mana Israel akan mencari cara untuk mengembalikan perang bayangan mereka ke dalam bayang-bayang dengan intensitas yang lebih besar,” ucapnya.

Iran menyebut, serangan terhadap Israel adalah hukuman atas serangan Israel terhadap kompleks kedutaan besarnya di Damaskus, Suriah awal bulan ini.

“Tindakan ini merupakan bentuk pelaksanaan hak yang melekat pada Iran untuk membela diri sebagaimana diuraikan dalam Pasal 51 Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa, dan sebagai respons terhadap agresi militer Israel yang berulang, khususnya serangan bersenjata pada tanggal 1 April 2024 terhadap lokasi diplomatik Iran,” kata Amir Saeid Iravani, Duta Besar Iran untuk PBB.

Bohl menambahkan, Iran akan mencoba mengguncang perekonomian global. Ia menjelaskan, guncangan ini dilakukan agar AS menekan Tel Aviv untuk melakukan de-eskalasi.

Bahkan, pada Sabtu (13/4)24), sebelum serangan drone dan rudal terhadap Israel, Teheran menyita kapal kontainer yang terkait dengan Israel di Selat Hormuz, jalur perdagangan penting minyak.

“Pelecehan dan perilaku semacam itu kemungkinan akan terus berlanjut, seberapa besar skalanya mungkin akan diukur dari seberapa keras Israel menyerang Iran,” jelas Bohl.

Komentar