Pembom Strategis Rusia Tu-160 Melarikan Diri Dalam Mode Supersonik Antara Dua Jet Fighter Norwegia Yang Menjebaknya

Jurnalpatrolinews – Oslo : Menurut sumber informasi Rusia dan asing, rencana penerbangan pembom strategis Tu-160 Rusia di dekat perbatasan Norwegia menyebabkan upaya jet-jet fighter NATO untuk mencegat pembom Rusia. Namun demikian, jet tempur F-35 Norwegia gagal menjepit Tu-160 Rusia – kru beralih ke mode penerbangan supersonik, meninggalkan dua jet tempur generasi kelima jauh di belakang dalam beberapa menit.

“Secara tidak terduga, pilot Rusia mempercepat dan mulai melepaskan diri dari pengejar mereka di afterburner. Pilot NATO pada saat itu harus “menelan debu” yang ditimbulkan oleh Rusia, “menurut kantor berita China Sina.

Insiden semacam itu jauh dari yang pertama – sebelumnya situasi serupa terjadi di dekat wilayah udara Jepang – pembom strategis Rusia, setelah mendeteksi pendekatan pesawat tempur F-35 Angkatan Udara AS, mengalihkan mesin pengangkut rudal ke mode afterburner dan tidak membiarkan diri mereka dikejar, karena kemampuan pesawat tempur generasi kelima Amerika jauh lebih sedikit daripada ahli strategi Rusia.  (***/. dd – avpro)

Komentar