Penasihat Kerajaan Saudi : “Semua Indikasi Mengarah ke Iran” Atas Serangan Pelabuhan Minyak Houthi

Jurnalpatrolinews – Riyadh : Iran berada di belakang serangan rudal dan pesawat tak berawak yang menargetkan pelabuhan minyak utama Arab Saudi pada hari Minggu , seorang penasihat keluarga kerajaan Saudi mengungkapkan kepada Wall Street Journal pada hari Senin . 

Serangan itu diklaim oleh pemberontak Houthi Yaman, yang diketahui didukung oleh Teheran.

Menurut penasihat kerajaan, tidak mungkin untuk menentukan apakah serangan itu dilakukan dari Iran atau Irak, tetapi tidak datang dari Yaman.

“Semua indikasi mengarah ke Iran,” kata sumber itu dikutip oleh WSJ .

Para pejabat Iran tidak menanggapi permintaan komentar surat kabar AS dan seorang pejabat Irak mengatakan dia “tidak mengetahui adanya hubungan antara negaranya dan serangan itu.”

Kementerian energi Saudi mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dirilis kepada kantor berita resmi Saudi Press Agency bahwa “pecahan peluru dari rudal balistik jatuh di dekat daerah pemukiman Saudi Aramco di kota Dhahran, di mana ribuan karyawan perusahaan dan keluarga mereka dari berbagai kebangsaan tinggal.”

Sebelumnya pada hari Minggu, angkatan udara Arab Saudi menyerang sasaran di Sana’a, ibu kota Yaman di bawah pendudukan Houthi, menyusul serangkaian pesawat tak berawak yang menurut Riyadh jatuh pada pagi hari .

“Salah satu area tangki minyak di Pelabuhan Ras Tanura di Wilayah Timur, salah satu pelabuhan minyak terbesar di dunia, pagi ini diserang oleh pesawat tak berawak,” kata pernyataan itu.  (***/. dd- i24nws)

Komentar